Fitur Pada Telegram yang Tidak Dimiliki oleh Aplikasi WhatsApp, Kamu Suka yang Mana ?

Avatar

Fitur Pada Telegram yang Tidak Dimiliki oleh Aplikasi WhatsApp, Kamu Pilih yang Mana ?

Telegram merupakan aplikasi chatting terpopuler kedua di Indonesia setelah aplikasi WhatsApp. Telegram merupakan aplikasi chatting yang berasal dari Rusia yang dikembangkan oleh Pavel Durov. 

Pemutih Kulit

Telegram juga menawarkan perpesanan dengan enkripsi end-to-end seperti aplikasi WhatsApp. Lalu apa perbedaan Telegram dengan aplikasi WhatsApp? Sekilas, kedua aplikasi ini mempunyai fungsi yang sama, yakni aplikasi perpesanan. 

Baca juga :  Memahami Fungsi dan Manfaat Telegram, Aplikasi yang Sangat Populer dan Aman Digunakan Oleh Masyarakat

Kemeja Blouse

Namun, kita bisa melihat perbedaan keduanya melalui fitur yang tersedia. Hal ini dikarenakan ada beberapa fitur pada aplikasi Telegram yang tidak terdapat pada aplikasi WhatsApp. Mungkin karena itu, selain menggunakan WhatsApp, orang juga menggunakan aplikasi Telegram di smartphone mereka.

Fitur Telegram yang Tidak Dimiliki oleh Aplikasi WhatsApp

⦁ Notifikasi Pengguna Baru

Fitur pertama ialah Notifikasi Pengguna Baru. Pada aplikasi Telegram ini, jika ada nomor di kontak Anda yang mendaftar layanan Telegram, otomatis akan ada notifikasi dari Telegram bahwa ada nomor di kontak Anda yang baru saja mendaftar sebagai pengguna Telegram baru.

Bukan hanya notifikasi, Telegram juga menyediakan opsi untuk menyapa dengan stiker ke nomor di kontak Anda yang baru saja terdaftar di Telegram tadi. Meskipun fitur ini agak remeh, setidaknya membantu agar Anda bisa mengetahui teman atau keluarga Anda yang baru mengenal Telegram juga.

⦁ Bot telegram

BOT ini mempunyai banyak kegunaan dalam aplikasi chatting. Banyak sekali BOT yang bisa Anda temukan dengan menu pencarian di Telegram. 

BOT biasa digunakan untuk keperluan tertentu seperti BOT Al-Qur’an yang fungsinya untuk mencari ayat Alquran, BOT Chat untuk bisa chatting dengan artificial intelligence atau orang lain, atau BOT Downloader yang biasa digunakan untuk mendownload video dan audio di internet.

Di dalam aplikasi WhatsApp sebenarnya juga sudah tersedia BOT, sama seperti Telegram. Namun biasanya BOT di WhatsApp tidak sebanyak di Telegram. Apalagi BOT di WhatsApp juga tidak seefektif di Telegram. Karena, Anda harus mencari tahu sendiri BOT di WhatsApp melalui browser atau bertanya kepada teman Anda yang tahu.

⦁ Fitur People Nearby

Di aplikasi Telegram ini, Anda bisa mengobrol dengan pengguna Telegram lain yang dekat dengan tempat Anda melalui fitur People Nearby. Mulai dari jarak terdekat dari posisi Anda, hingga yang terjauh dari.

Untuk mengakses fitur ini, pastikan Anda sudah mengaktifkan GPS di smartphone Anda. Jadi secara otomatis, aplikasi ini akan memberi tahu setiap pengguna Telegram yang dekat dengan Anda. Bukan hanya orang, People Nearby juga bisa mencari grup obrolan lokal yang terbentuk di sekitar Anda juga.

⦁ Cloud Storage Tanpa Batas

Tanpa disadari, dengan mempunyai akun Telegram, otomatis Anda mempunyai cloud storage dengan unlimited storage. Anda tidak perlu membayar karena fitur ini memang sengaja disediakan oleh Telegram secara gratis. 

Jadi fitur ini sangat cocok untuk membackup file-file penting jika misalnya Anda tidak ingin menggunakan layanan cloud storage seperti Google Drive, OneDrive, atau sejenisnya.

⦁ Ribuan Anggota dalam Satu Grup

Telegram mempunyai fitur yang membuat obrolan grup hingga 200.000 anggota atau peserta dalam satu grup. Berbeda dengan WhatsApp yang hanya bisa memuat sampai 250 orang dalam satu grup.

Biasanya orang yang mengadakan webinar atau seminar online dengan peserta ribuan akan menggunakan fitur aplikasi Telegram ini. Karena bisa menampung ribuan orang dalam satu grup. Tidak seperti WhatsApp yang harus dipecah untuk memuat semua ribuan peserta. 

Bukan hanya itu, Anda juga bisa bergabung dengan grup di Telegram tanpa harus diundang atau masuk melalui tautan undangan seperti WhatsApp dengan menggunakan menu pencarian di Telegram.