Cara Retur Barang di TikTok Dengan Cepat_Meskipun TikTok bukanlah platform jual beli online seperti halnya shoppe atau aplikasi lainnya namun Tiktok juga dapat meretur barang yang telah dibeli dengan cara tertentu. Meningkatnya pengguna aplikasi TikTok membuat platform ini digunakan sebagai media untuk melakukan jual beli secara online.
Meskipun pada awalnya aplikasi ini hanyalah berisi dengan video pendek yang menghibur namun perkembangan yang sangat pesat membuat TikTok digunakan sebagai salah satu platform multifungsi yang banyak digunakan oleh masyarakat dunia.
Banyak orang menggunakan TikTok untuk melakukan jual beli suatu produk, hal tersebut dikarenakan banyaknya produk menarik di TikTok, kemudahan dalam melakukan transaksi, banyaknya promo dan harganya yang murah.
Lalu bagaimana jika barang yang telah kita beli di TikTok tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan? Disini Kitahebat akan membagikan Cara retur barang di tiktok dengan cepat.
Namun sebelum kamu mengetahui Cara retur barang di tiktok, kamu harus memahami syarat barang yang boleh di retur (dikembalikan)menggunakan aplikasi TikTok
Baca juga :Cara Membatalkan Pesanan di Tiktok Shop Cod dan Tips Agar Kamu Tidak Salah Belanja Online
Syarat Mengembalikan Barang di Tiktok Shop
Untuk mengembalikan barang yang telah dibeli kamu harus memiliki alasan yang masuk akal dan tidak dibuat-buat, hal ini berguna untuk melindungi pihak penjual dan pembeli agar tidak terjadi pembohongan.
Berikut ini adalah syarat mengembalikan barang di TikTok
- Jangan Konfirmasi barang terlebih dahulu pada aplikasi sebelum kamu melakukan pengecekan barang dan terbukti barang sesuai dengan pemesanan
- Foto dan Video barang yang datang jika berbeda dengan apa yang kita pesan, jika megalami kerusakan kamu dapat memvideo secara spesifik kerusakan barang tersebut
Cara Retur Barang di TikTok Shop
Retur barang di tiktok ini dapat kamu lakukan jika kamu menggunakan layanan COD, seperti yang saya katakan di awal aplikasi TikTok bukanlah platform jual beli layaknya shoppe, namun kamu dapat mengembalikan barang yang telah kamu beli jika kamu menggunakan layanan COD dan barang tersebut tidak sesuai dengan apa yang kamu harapkan.
Baca juga : Cara Jualan di Tiktok Tanpa Stok Barang dan Tanpa Menggunakan Modal
Berikut adalah Cara retur barang di tiktok
- Login aplikasi Tiktok melalui perangkat kamu
- Pilih Menu Profil
- Klik Icon Garis Tiga
- Tap Pesanan dan Pilih Menu Pesanan 1
- Pilih produk yang akan kamu kembalikan & Klik Minta Pengembalian
- Unggah Bukti dan Kirimkan
Disini lebih baik kamu pastikan dahulu dengan cara chat pihak penjual terkait dengan apa yang kamu beli dan kondisi barang tersebut, jika pihak penjual setuju kamu bisa langsung kirim barang tersebut
Cara Komplain di TikTok Shop
Selain melakukan retur barang di apiikasi TikTok Shop kamu juga dapat complain kepada penjual terkait barang yang telah kamu beli, berikut adalah cara complain di TikTok
Baca juga : Cara Melihat Komentar Kita di TikTok dan Ketahui Penyebab Komentar Kita Tidak Muncul di Postingan
- Buka aplikasi TikTok dan pergi ke profil kamu.
- Klik kamu titik tiga di pojok kanan atas layar.
- Gulir ke bawah dan pilih “Bantuan & Dukungan” dari menu yang muncul.
- Di bagian Bantuan & Dukungan, pilih “Layanan Pelanggan” untuk membuka formulir pengajuan keluhan.
- Isi formulir keluhan dengan rinci dan sertakan detail seperti tanggal, waktu, dan nomor pesanan jika berkaitan dengan pembelian barang.
- Klik “Kirim” untuk mengirim keluhan kamu.
Selain itu kamu juga dapat menghubungi Layanan Pelanggan TikTok melalui email di [email protected] atau melalui akun media sosial TikTok resmi untuk mendapatkan bantuan dan dukungan.
Itulah Cara retur barang di tiktok Dengan Cepat dan melakukan komplain di Tiktok shop, semoga dapat membantu sahabat semua
Terimakasih