3 Syarat Suatu Produk Memiliki Suatu Nilai Ekonomi yang Tinggi Wajib Dimiliki oleh Semua Produk

Avatar

3 Syarat Suatu Produk Memiliki Suatu Nilai Ekonomi yang Tinggi Wajib Dimiliki oleh Semua Produk
Shampo Penumbuh Rambut

Halo sahabat Kitahebat semua kali ini saya akan membahas apa saja syarat yang harus dimiliki oleh suatu barang agar memiliki nilai ekonomi yang tinggi, setiap perusahaan pasti akan memproduksi suatu produk  yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi, disamping untuk memenuhi kebutuhan konsumen produk tersebut akan menjadi citra bagi suatu perusahaan tersebut.

Pemutih Kulit

Agar menjadi barang yang bernilai tinggi maka produk tersebut harus memenuhi dari beberapa syarat, sebelum mengetahui apa saja syaratnya kita perlu mengetahui dulu apa yang dimaksud dengan produk dan produksi

Baca juga : Peluang usaha yang belum banyak pesaingnya dan menguntungkan 

Kemeja Blouse

Pengertian Produksi dan Produk

Produksi

Menurut Vincent Gaspersz (2004) produksi merupakan suatu fungsi utama dalam berorganisasi, didalamnya mengandung aktivitas dari meningkatkan nilai jual dalam suatu produk.

Long Tunik Shanghai

Sedangakan menurut Heizer dan Render (2005) Produksi merupakan serangkaian kegiatan untuk menghasilkan nilai dalam bentuk barang atau jasa dengan mengubah input menjadi output.

Dari pengertian dari kedua ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa produksi merupakan semua kegiatan awal dari sebuah ekonomi dalam menciptakan suatu output yang berupa barang ataupun jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan

Baca juga : Pengertian sistem produksi, tujuan serta contoh sistem produksi

Produk

Seorang  politikus amerika serikat William J. Stanton mengatakan  produk adalah seperangkat atribut yang memiliki wujud atau tidak, termasuk kemasan, harga, warna dan layanan yang bisa diterima oleh pembeli sebagai bentuk pemenuhan terhadap keinginan dan kebutuhan.

Menurut  Philip Kotler  (seorang pakar pemasaran dunia ) dan Armstrong ( seorang dosen bisnis ) mengatakan bahwa produk adalah segala sesuatu yang bisa ditawarkan ke pasaran untuk dapat dipakai, diperoleh, diperhatikan atau dikonsumsi dengan tujuan memberikan kepuasan akan kebutuhan atau keinginan orang-orang yang ada di pasaran.

Menurut pengertian tersebut dapat kita simpulkan bahwa produk merupakan hasil akhir dari sebuah proses produksi yang dapat diterima, digunakan, diperoleh  dan dapat memberikan kepuasan akan kebutuhan masyarakat (Konsumen)

Baca juga : Sebutkan keuntungan produksi massal dan ciri-ciri produksi massal

Syarat Produk Memiliki Nilai Ekonomi yang Tinggi

Suatu produk pasti memiliki nilai, agar suatu produk memiliki nilai yang tinggi maka harus memenuhi syarat berikut ini

  • Acceptability yaitu dapat diterima oleh masyarakat luas
  • Durability yaitu dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama
  • Uniformity yaitu kualitas produk yang harus tetap terjaga

Seperti yang saya katakan diawal bahwa setiap produk pasti memiliki nilai, namun untuk mempertahankan dan memiliki nilai tinggi maka 3 syarat tersebut harus terpenuhi.  Nilai produk akan berkurang dan tidak akan bertahan lama jika ketiga syarat tersebut tidak terpenuhi

Itualah ulasan tentang syarat suatu produk memiliki suatu nilai ekonomi yang tinggi, semoga dapat menambah wawasan bagi sahabat Kitahebat

Terimakasih

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *