Bisnis  

11 Cara Berbisnis Bagi Pemula Wajib Sukses

Avatar

11 Cara Berbisnis Bagi Pemula Wajib Sukses
Shampo Penumbuh Rambut

Bagaimana cara berbisnis yang benar untuk pemula?

Pemutih Kulit

Sahabat Kitahebat semua pasti ingin memiliki sebuah usaha atau bisnis yang dapat mencukupi semua kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari, tentu saja dengan bisnis tersebut kita berharap dapat mewujudkan semua impian yang kita miliki.

Namun tahukah kalian bahwa untuk memulai bisnis tersebut diperlukan keberanian dan juga keahlihan yang bisa kita kuasai dengan cara tertentu. Banyak sekali orang yang berandai-andai memiliki bisnis ini, bisnis itu dan sebagainya namun kenyataannya mereka tidak memiliki action terhadap pikirannya.

Kemeja Blouse

Semua itu hanya akan menjadi bualan dalam kehidupan, maka dari itu bagi sahabat Kitahebat dibawah ini adalah ulasan tentang cara berbisnis bagi pemula agar semua pikiran yang ada menjadi suatu kenyataan dimasa depan

Baca juga : Tips memulai bisnis online dari awal tanpa modal banyak 

Long Tunik Shanghai

Cara Berbisnis Bagi Pemula

Setiap orang memilki passionnya masing-masing maka dari itu ada banyak cara untuk memulai berbinis bagi pemula, diantaranya adalah sebagai berikut

1. Lakukan sesuatu yang kamu suka

Berbisnis adalah suatu hal yang memerlukan waktu continues atau dalam waktu yang panjang, maka dari itu kamu harus melakukan itu semua dengan sepenuh hati, jika kamu melakukan sesuatu  hal yang kamu sukai  maka semua pekerjaan yang kamu lakukan akan terasa sangat menyenangkan.

Jangan pernah membandingkan bisnis yang kamu rintis dengan bisnis orang lain yang memilki penghasilan yang sangat besar, karena akan membuat kamu down jika kamu tidak dapat mengimbangi bisnis tersebut

Lakukanlah bisnis sesuai dengan apa yang kamu suka dan lakukanlah dengan sepenuh hati.

2. Fokus pada satu bisnis

Perkembangan zaman sangat berpengaruh terhadap bisnis yang dijalankan dari tahun ketahun, banyak sekali perbedaan cara pemasaran dan juga banyak sekali ide bisnis yang muncul, untuk mengatasi masalah tersebut kamu harus benar-benar fokus terhadap bisnis apa yang mau dijalankan.

Jangan mudah berpindah haluan dalam berbisnis, ketika melihat seseorang yang lancar dengan bisnis yang dijalankan lalu kamu mencobanya dan berulang seperti itu. Hal tersebut akan membuat kamu belajar hal yang baru setiap kamu mengulang bisnis baru yang membuat tidak akan fokus dengan bisnis yang kamu jalankan.

Baca juga : Keuntungan dan kerugian memiliki bisnis sendiri yang harus kalian tau

3. Pilih tempat yang strategis

Tempat merupakan salah satu komponen pokok dalam berbisnis nyata, sudah menjadi kebiasaan bagi semua orang bahwa tempat adalah daya tarik terhadap pengunjung. Menentukan tempat yang strategis untuk menjalankan usaha adalah suatu kewajiban.

Suatu contoh kamu akan membuka Fotocopy maka tempat yang cocok untuk itu adalah berdekatan dengan kampus, sekolah, instansi kelurahan  ataupun instansi pemerintahan.

4. Banyak belajar dan kuasi bisnis yang kamu jalankan

Saat kamu memulai suatu bisnis kamu akan merasa canggung, banyak kesalahan dalam menjalankannya dan lain-lain, hal tersebut adalah hal yang sangat wajar karena dari situlah kamu akan mendapatkan ilmu baru yang dapat meningkatkan bisnismu

Selain itu kamu dapat belajar kepada orang yang kamu anggap sebagai mentor dalam berbisnis, gali ilmu nya dan kuasi bisnismu.

5. Ciptakan sesuatu yang berbeda

Ciptakan sesuatu yang berbeda dan kreatif dibandingkan dengan bisnis  milik orang lain, berikan kesan yang berbeda pada bisnis yang kamu jalankan, agar orang semakin penasaran dan memberikan rasa kepuasan tersendiri bagi konsumen.

6. Selalu berhemat

Banyak orang yang memimpikan memiliki hidup mewah, mobil bagus, rumah besar, dan semua fasilitas yang mencukupi kehidupannya pada saat mengawali bisnisnya, saya katakan sekali “Hilangkan Pikiran tersebut “!

Kamu boleh bermimpi tapi kamu harus sadar bahwa berbisnis itu adalah hal yang tidak mudah, wujudkan mimpimu dengan cara selalu berhemat, dengan berhemat kamu dapat menyisihkan sebagian dari penghasilan yang kamu dapat untuk mengembangkan bisnismu agar semakin besar.

Baca juga : Manfaat Teknologi untuk mengembangkan bisnis anda 

7. Pantang menyerah

Setiap orang pasti memiliki jatah kegagalan, bahkan Warren Buffet yang dianggap sebagai salah satu orang kaya didunia beliau harus mengalami jatuh bangun dulu untuk mendapatkan itu semua,  Bob Sadino siapa yang tidak mengenal beliau, pengusaha sukses dari Indonesia di bidang makanan dan peternakan rela menjual 2 mobil kesayangannya demi untuk membangun bisnisnya, namun masih gagal.

Semua orang sukses pasti mengalami kegagalan, namun mereka tidak menyerah dengan kegagalan tersebut justru dari kegagalan tersebut mereka belajar dari kesalahannya dan memperbaiki kesalahannya. Jadi jangan menyerah dengan kegagalan.

8. Berikan bukti yang nyata

Saat kamu memulai bisnis kamu harus memberikan bukti yang nyata terhadap semua orang tentang bisnis yang kamu jalankan.  “Buktikan kata-katamu bisa menjadi kenyataan dan jangan banyak bicara jika hanya menjadi khayalan” , terkadang banyak bicara tanpa ada bukti yang nyata akan memberikan dampak negative terhadap orang tersebut

Maka dari itu kamu dapat membuktikan semua perkataanmu dengan berbagai tindakan yang membuat semua orang percaya dengan apa yang sedang kamu jalankan

9. Menerima dan mau belajar dari orang lain

Meskipun kamu memiliki mentor dalam berbisnis namun kamu tidak tidak akan tau mana kritikan dan saran yang dapat menjadikan kamu seorang pembisnis yang handal, oleh sebab itu kamu harus selalu menerima dan belajar dari orang lain

Kamu dapat menyaring semua masukan ataupun kritikan dari semua orang, setelah itu kamu terapkan saran tersebut yang dapat membantu atau membuat sesuatu yang kreatifitas  yang dapat mengembangkan bisnismu

Baca juga : 4 Faktor yang paling utama pendukung keberhasilan dalam usaha

10. Jagalah kesehatan

Kesehatan terkadang menjadi pilihan yang terakhir bagi mayoritas orang, selama orang tersebut masih sehat dan belum mengalami sakit maka mereka tidak berfikir untuk menjaga kesehatannya, bekerja sampai lupa waktu, lupa makan dan lupa istirahat.

Kita semua harus menyadari tubuh kita memiliki batas kekuatan dalam melakukan aktifitas, jika tidak ada rasa untuk menjaga kesehatan pasti kita akan drop menjalani semua aktifitas tersebut. Kita harus selalu membiasakan hidup sehat karena Kesehatan adalah kunci dari kesuksesan.

11. Bijak dalam menghadapi keadaan bisnis

Dalam berbisnis terkadang tidak semua berjalan sesuai dengan rencana, kita memerlukan planning B ataupun planning C, dalam artian kita harus selalu siap dengan resiko yang akan terjadi. Namun kamu harus bijak dalam menghadapi keadaan bisnis

Kamu harus tau kapan usahamu harus berhenti dan kapan kamu harus mengejar, semua itu diperlukan agar seorang pembisnis tidak terpuruk semakin dalam. Memilih mundur satu langkah untuk mengejar 10 langkah kedepan adalah cara berfikir seorang pembisnis yang handal.

Baca juga : 12 Manfaat teknologi informasi dalam berbagai bidang salah satunya adalah bisnis 

Itulah 11 Cara berbisnis bagi pemula yang dapat kamu jadikan sebagai referensi untuk memulai bisnis kamu, semoga dapat menambah wawasan bagi sahabat Kitahebat

Terimakasih

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *