Dalam memasarkan produknya perusahaan memiliki strategi yang berbeda-beda, salah satu yang digunakan adalah strategi telemarketing, meskipun strategi ini tergolong strategi lama namun masih banyak perusahaan yang menggunakan strategi ini
Diera digital saat ini banyak sekali strategi baru yang diciptakan oleh perusahaan dengan menggunakan riset yang mendalam tentang pemasaran, produk dan konsumen, meski begitu strategi telemarketing masih digunakan oleh perusahaan hingga sekarang.
Pengertian Telemarketing
Telemarketing adalah suatu strategi yang menggunakan telephon untuk menawarkan produk atau jasa kepada pelanggan. Sedangkan orang yang melakukan strategi ini disebut dengan telemarketer, strategi ini masih sering digunakan bahkan oleh perusahaan besar sekalipun.
Namun bagi sebagian orang strategi ini dianggap kurang efektif ketika melakukan panggilan yang dilakukan berulang kali atau disebut spam, maka dari itu diperlukan indentifikasi yang baik terhadap pelanggan agar promosi atau penawaran kita dapat diterima oleh pelanggan.
Sampai sekarang strategi ini masih digunakan oleh perusahaan besar, karena dianggap masih relevan dan memiliki beberapa alasan.
Baca juga Mengapa pemasaran merupakan faktor penting suksesnya perusahaan
Alasan Strategi Telemarketing Masih Digunakan
Berpeluang Untuk Follow Up Pelanggan
Tidak semua pelangganmu menyukai semua produk yang ada ditoko mu, dengan adanya telemarketer dapat membantu perusahaan dalam menyakinkan pelanggan akan produk yang dijual.
Membantu Meningkatkan Brand Awareness
Strategi telemarketing membantu perusahaan dalam meningkatkan brand awareness kepada masyarakat. Telemarketing dapat menjaga hubungan baik dengan pelanggan sehingga pelanggan merasa puas, kembali lagi untuk melakukan pembelian sehingga memberikan ulasan yang positif sampai memberikan rekomendasi kepada keluarga atau orang terdekat.
Meningkatkan Penjualan Produk atau Jasa
Selain meningkatkan brand awareness peran telemarketing juga bagus dalam peningkatan penjualan produk atau jasa, karena pelanggan akan lebih intens mengerti tentang produk yang sedang kamu tawarkan yang berpeluang besar pelanggan akan tertarik dengan produk yang dijual
Skill yang Harus Dimiliki
Tidak semua orang mampu menjadi seorang telemarketer yang apik dan handal, diperlukan skill khusus agar seorang telemarketer mampu melakukan penjualan yang bagus serta mendapatkan dampak yang positif bagi perusahaan
Berikut adalah beberapa skill yang diperlukan seorang telemarketer
Multitasking
Seorang marketer harus multitasking karena kegiatan sehari harinya harus membuat catatan, cek email dan melakukan panggilan dalam jumlah yang tergolong banyak, maka dari itu multitasking diperlukan oleh seseorang yang ingin bergelut dengan Telemarketing
Problem Solving
Problem solving yang dimaksut adalah mampu menyelesaikan dengan baik masalah yang ada, dengan jalan keluar yang tidak membuat pelanggan kecewa dengan perusahaan kita. Dengan begitu pelanggan kita tidak akan menurun dan tidak memperburuk citra perusahaan
Listening
Seorang telemarketer harus bisa menjadi pendengar yang baik, orang jawa mengatakan harus memiliki telinga yang tebal, Karena pekerjaan setiap hari adalah mendengarkan keluh kesah orang lain, complain, bahkan marah marah tentang produk yang sudah dijual. Maka dari itu seorang marketer harus memiliki skill listening yang baik
Keuntungan dan Kerugian Telemarketing
Disetiap strategi pemasaran pasti memiliki keuntungan dan juga kekurangan ketika kita mengaplikasikannya dalam pasar yang sesungguhnya, berikut adalah keuntungan dan kekurangan strategi telemarketing
1. Keuntungan
โข Dapat menjaga hubungan baik dengan pelanggan
โข Dapat menjelaskan secara detail tentang produk kita kepada pelanggan
โข Mudah menjangakau pelanggan karena dapat dilakukan dengan telephone
โข Hemat biaya dan dapat menekan biaya perusahaan
2. Kerugian
โข Berpotensi menggangu pelanggan karena spam panggilan
โข Memerlukan waktu yang lama untuk menjadikan staf yang handal dan apik
โข Sedikit kesalahan bicara dengan pelanggan akan memperburuk citra perusahaan dimata pelanggan
Itulah penjelasan tentang Strategi Pemasaran yang Masih Eksis Sampai Saat Ini dan skill yang diperlukan untuk menjadi telemarketer yang baik. Semoga dapat menambah wawasan bagi sahabat Kitahebat
Terimakasih