Wawasan Nusantara dalam Paradigma Nasional Dapat Berfungsi Sebagai ? Berikut Pengertian, Jawaban, dan Penjelasannya

Avatar

Wawasan Nusantara dalam Paradigma Nasional Dapat Berfungsi Sebagai ? Berikut Pengertian, Jawaban, dan Penjelasannya
Shampo Penumbuh Rambut

Wawasan nusantara memiliki fungsi penting dalam paradigma nasional, pertanyaan ini sering ditanyakan dalam dunia pendidikan khususnya di jenjang menengah dan atas. Perkembangan zaman sampai sekarang menuntut kita harus mengetahui fungsi wawasan nusantara dalam kehidupan sehari-hari.

Pemutih Kulit

Apakah fungsi dari wawasan nusantara dalam paradigma nasional ? sebelum kita mengetahui fungsi dari wawasan nusantara dalam paradigma nasional saya akan mengulas sedikit tentang wawasan nusantara 

Pengertian Wawasan Nusantara 

Menurut Munadjat Danusaputro, wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya dalam eksistensi yang saling berhubungan serta penerapannya di tengah lingkungan berdasarkan asas nusantara.

Sedangkan  menurut dokumen ketetapan MPR tahun 1999 wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa mengenai diri dan lingkungan yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dengan tujuan mencapai tujuan nasional

Long Tunik Shanghai

Baca juga :  Kenapa Indonesia Masih Sulit Dikategorikan  Menjadi Negara Maju, Inilah Penyebabnya

Dari keterangan diatas dapat kita simpulkan bahwa wawasan nusantara adalah cara pandang terhadap bangsa dengan tujuan menjaga persatuan dan kesatuan, dengan mengutamakan kepentingan nasional dibanding kepentingan pribadi, kelompok atau golongan tertentu.

Fungsi Wawasan Nusantara dalam Paradigma Nasional

Dalam paradigma nasional wawasan Nusantara berfungsi sebagai landasan Visinional yang digunakan sebagai cara pandang bangsa Indonesia baik pribadi, kelompok atau golongan tertentu demi kepentingan nasional yang berdasarkan Pancasila dan UUD tahun 1945, juga Lingkungan  serta tanah air sebagai negara yang berkepulauan dengan semua aspek kehidupannya yang beragam dan dinamis, tentu saja  mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta keutuhan wilayah Indonesia, baik darat, laut maupun udara.

Baca juga : Mengapa Perkembangan Teknologi Persenjataan Berbahaya Bagi Lingkungan, Inilah Penyebabnya dan Dampak yang Terjadi

Wawasan nusantara juga berfungsi sebagai jalan dalam mencapai tujuan nasional pembangunan infrastruktur yang menganut filosofi dan mengandung 3 unsur kebangsaan yaitu rasa kebangsaan, paham kebangsaan dan semangat kebangsaan.

Wawasan nusantara digunakan sebagai arah agar tidak terjadi penyimpangan dan penyesalan dalam rangka mencapai dan mewujudkan cita- cita dan tujuan nasional untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia,mencerdaskan bangsa,  memajukan kesejahteraan umum, dan melaksanakan ketertiban dunia. 

Itulah fungsi wawasan nusantara dalam paradigma nasional, semoga dapat menambah wawasan bagi sahabat Kitahebat semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *