Jelaskan Secara Singkat tentang Zaman Mesozoikum yang Dikenal Sebagai Zaman Reptil

Avatar
Jelaskan Secara Singkat tentang Zaman Mesozoikum yang Dikenal Sebagai Zaman Reptil
Shampo Penumbuh Rambut

KITA HEBAT – Bicara zaman mesozoikum, mungkin kamu menemukan soal pertanyaan jelaskan secara singkat tentang zaman mesozoikum.

Dunia ini telah mengalami beberapa zaman perubahan termasuk zaman mesozoikum, Zaman Mesozoikum merupakan sebuah periode geologi yang meliputi rentang waktu sekitar 252 hingga 65 juta tahun yang lalu.

Pemutih Kulit

Dikenal juga sebagai Zaman Reptil, istilah yang diperkenalkan oleh pakar paleontologi Gideon Mantell pada abad ke-19, menggambarkan dominasi reptil seperti Iguanodon, Megalosaurus, Plesiosaurus, dan yang sekarang kita kenal sebagai Pseudosuchia.

Mari kita pelajari lebih dalam tentang soal jelaskan secara singkat tentang zaman mesozoikum berikut ini.

Kemeja Blouse

Arti Nama dan Pembagian Zaman Mesozoikum

Kata “Mesozoikum” sendiri berasal dari bahasa Yunani, dengan awalan “meso-” yang berarti “antara,” dan “zoon” yang merujuk pada “hewan” atau “makhluk hidup.”

Long Tunik Shanghai

Era ini menjadi bagian penting dari tiga periode geologi dalam Eon Fanerozoikum, mendahului Paleozoikum (“kehidupan purba”) dan diikuti oleh Kenozoikum (“hidup baru”).

Periode ini terbagi lagi menjadi tiga fase utama, yaitu Trias, Jura, dan Kapur, masing-masing dengan zaman dan tahap khasnya.

Kepunahan dan Evolusi dalam Zaman Mesozoikum

Era Mesozoikum diawali oleh Peristiwa Kepunahan Perm-Trias, sebuah bencana besar yang mencatatkan diri sebagai kepunahan massal terbesar dalam sejarah Bumi.

Periode ini ditutup oleh Peristiwa Kepunahan Kapur-Paleogen, sebuah babak lain dalam sejarah kepunahan massal, yang menyaksikan kepunahan dinosaurus non-unggas serta sejumlah spesies tumbuhan dan hewan lainnya.

Zaman Mesozoikum menjadi saksi perubahan tektonik yang bertahap, iklim yang dinamis, dan evolusi yang berkembang.

Rentang ini menyaksikan pembelahan bertahap superbenua Pangaea menjadi daratan terpisah yang akhirnya menempati posisi saat ini.

Keadaan iklim berfluktuasi antara periode pemanasan dan pendinginan bergantian. Secara menyeluruh, suhu Bumi lebih hangat daripada yang kita kenal saat ini.

Penguasa Daratan dalam Mesozoikum

Dinosaurus non-unggas muncul di akhir periode Trias, memegang peranan utama sebagai vertebrata darat dominan di awal periode Jura.

Mereka mempertahankan supremasi ini selama sekitar 135 juta tahun, hingga kepunahan mereka di penghujung periode Kapur.

Sementara itu, burung pertama muncul di periode Jura, berasal dari cabang theropoda dinosaurus.

Mamalia juga memulai debutnya pada era Mesozoikum, meskipun ukurannya masih relatif kecil (<15 kg) hingga masuk dalam zaman Kenozoikum.

Kesimpulan

Melalui penelusuran singkat ini, kita dapat merenungkan kekayaan dan keragaman Zaman Mesozoikum. Dari dominasi dinosaurus hingga lahirnya burung dan mamalia, era ini menandai tonggak penting dalam perjalanan evolusi Bumi.

Menyisir sisa-sisa fosil dan mencermati jejak-jejak waktu, kita dapat lebih memahami keajaiban yang terkandung dalam “kehidupan tengah” ini, memperkaya pemahaman kita akan sejarah alam semesta.

Semoga ulasan tentang zaman mesozoikum diatas bermanfaat bagi sahabat semua.

Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *