Perkembangan Manusia Terjadi Sejak dalam Kandungan Hingga Ia Wafat Merupakan Salah Satu Karakteristik Perkembangan ?

Avatar
Perkembangan Manusia Terjadi Sejak dalam Kandungan Hingga Ia Wafat Merupakan Salah Satu Karakteristik Perkembangan ?
Gambar Ilustrasi Perkembangan Manusia Terjadi Sejak dalam Kandungan Hingga Ia Wafat Merupakan Salah Satu Karakteristik Perkembangan
Shampo Penumbuh Rambut

MEJA PINTAR – Kali ini kita akan membahas soal perkembangan manusia terjadi sejak dalam kandungan hingga ia wafat merupakan salah satu karakteristik perkembangan ?

Masih banyak yang mencari jawaban dari soal perkembangan manusia terjadi sejak dalam kandungan hingga ia wafat merupakan salah satu karakteristik perkembangan.

Pemutih Kulit

Maka dari itu Meja Pintar akan memberikan referensi jawaban dari soal perkembangan manusia terjadi sejak dalam kandungan hingga ia wafat merupakan salah satu karakteristik perkembangan.

Perkembangan manusia adalah perjalanan panjang yang melibatkan serangkaian fase yang penting untuk dipahami.

Kemeja Blouse

Dari tahap pranatal hingga manula, setiap fase memiliki karakteristiknya sendiri yang membentuk individu secara keseluruhan. Mari kita telaah lebih dalam mengenai tahapan ini.

Definisi Pertumbuhan dan Perkembangan

Sebelum memahami tahapan perkembangan manusia, penting untuk memahami perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pertumbuhan didefinisikan sebagai proses berkembangnya ukuran atau jumlah suatu benda, organisme, atau proses secara bertahap.

Sedangkan perkembangan diartikan sebagai proses perubahan yang menyebabkan sesuatu menjadi lebih matang atau maju dalam segi fisik, mental, sosial, atau lainnya.

Berikut adalah karakteristik perkembangan manusia terjadi sejak dalam kandungan hingga ia wafat menurut Santrock dan Yussen.

Tahapan Perkembangan Menurut Santrock dan Yussen

  • Fase Pranatal: Tahap ini dimulai sejak pembuahan hingga kelahiran. Dalam periode sekitar 9 bulan ini, terjadi proses berkembangnya sel tunggal menjadi organisme yang lengkap, termasuk pembentukan otak dan kemampuan berperilaku.
  • Fase Bayi: Masa ini berlangsung dari kelahiran hingga sekitar 18 atau 24 bulan. Pada fase ini, banyak aspek psikologis mulai berkembang, seperti bahasa dan sosialisasi.
  • Fase Kanak-Kanak: Fase ini dimulai dari akhir masa bayi hingga sekitar usia 5 atau 6 tahun, juga dikenal sebagai masa pra-sekolah. Di fase ini, anak-anak mulai mengeksplorasi lingkungan mereka dengan lebih aktif.
  • Fase Remaja atau Dewasa: Ini adalah masa transisi dari kanak-kanak menuju dewasa awal, biasanya terjadi antara usia 11 sampai 12 tahun dan berakhir di sekitar usia 18 sampai 22 tahun. Di fase ini, individu mulai mengalami perubahan fisik, emosional, dan sosial yang signifikan.
  • Fase Manula: Setelah melewati usia 50 tahun, individu memasuki fase manula atau lanjut usia. Ini adalah masa akhir dari perkembangan manusia, di mana seseorang dapat mengevaluasi pencapaian dan pengalaman sepanjang hidup mereka.

Kesimpulan

Tahapan perkembangan manusia adalah bagian integral dari kehidupan setiap individu. Dengan memahami proses ini, kita dapat lebih memahami diri sendiri dan orang lain di sekitar kita.

Dengan demikian, penting untuk memberikan perhatian yang memadai pada setiap fase perkembangan, karena hal ini akan membentuk dasar bagi perkembangan yang sehat dan berkelanjutan.

Semoga penjelasan tentang perkembangan manusia terjadi sejak dalam kandungan hingga ia wafat diatas bermanfaat bagi sahabat semua.