E-learning Merupakan Dampak Perkembangan Teknologi Informasi di Bidang | Pengertian, Persyaratan dan Jenis E-learning

Avatar
Gambar Ilustrasi E-learning Merupakan Dampak Perkembangan Teknologi Informasi di Bidang
Shampo Penumbuh Rambut

MEJA PINTAR – E-learning merupakan dampak perkembangan teknologi informasi di bidang ? Mungkin kamu sedang mengerjakan soal e-learning merupakan dampak perkembangan teknologi informasi di bidang apa.

Untuk itu Meja Pintar akan memberikan referensi jawaban dari soal e-learning merupakan dampak perkembangan teknologi informasi di bidang apa.

Pemutih Kulit

E-learning merupakan dampak perkembangan teknologi informasi di bidang pendidikan yang sangat mempengaruhi gaya, model dan kemajuan pendidikan hingga saat ini.

Dunia pendidikan telah mengalami transformasi yang signifikan berkat kemajuan dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Kemeja Blouse

Salah satu dampak yang paling mencolok adalah munculnya e-learning, sebuah inovasi yang memungkinkan pembelajaran menjadi lebih fleksibel dan dapat diakses dari mana saja dan kapan saja.

child gfa1603c60 1920 1024x768 1
E-learning Merupakan Dampak Perkembangan Teknologi Informasi di Bidang

Pengertian E-Learning

E-learning adalah singkatan dari electronic learning yang merujuk pada penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung proses pembelajaran.

Sejak diperkenalkan pada tahun 1970-an, konsep ini telah berkembang pesat dan menawarkan berbagai model pembelajaran, seperti online learning, internet-enabled learning, virtual learning, atau web-based learning.

Menurut Dahiya (2012), e-learning memberikan kemungkinan bagi siswa untuk belajar secara mandiri, tanpa terikat oleh ruang dan waktu tertentu. Ini memungkinkan pembelajaran yang lebih personal dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu.

Persyaratan E-Learning

Untuk dapat mengimplementasikan e-learning dengan baik, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi:

1. Akses Internet

Kegiatan pembelajaran e-learning dilakukan melalui jaringan internet. Oleh karena itu, akses internet menjadi salah satu hal yang mutlak diperlukan bagi peserta pembelajaran.

2. Dukungan Materi Pembelajaran

Peserta pembelajaran memerlukan akses terhadap berbagai materi pembelajaran, baik itu dalam bentuk digital maupun cetak. Dukungan seperti harddisk eksternal, flashdisk, CD-ROM, atau bahan cetak menjadi penting untuk mendukung proses belajar.

3. Layanan Tutor

Tersedianya dukungan layanan tutor juga merupakan hal yang krusial dalam e-learning. Tutor dapat membantu peserta pembelajaran dalam mengatasi kesulitan atau menjawab pertanyaan yang muncul selama proses belajar.

Jenis E-Learning

E-learning dapat dibedakan menjadi dua jenis utama:

1. Synchronous

Jenis e-learning ini mengacu pada pembelajaran yang terjadi secara bersamaan dalam waktu yang sama. Proses pembelajaran berlangsung secara langsung dan interaktif antara pendidik dan peserta didik, memungkinkan adanya diskusi dan interaksi online.

2. Asynchronous

Sementara itu, jenis e-learning asynchronous tidak terikat oleh waktu tertentu. Peserta pembelajaran dapat mengakses materi pembelajaran dan menyelesaikan tugas-tugas mereka tanpa harus bersamaan secara waktu dengan pendidik atau peserta pembelajaran lainnya.

Manfaat E-Learning

Penggunaan e-learning telah membawa berbagai manfaat bagi dunia pendidikan, antara lain:

  • Fleksibilitas waktu dan tempat belajar.
  • Aksesibilitas bagi mereka yang terbatas oleh jarak atau mobilitas.
  • Penghematan biaya transportasi dan waktu.
  • Penyampaian materi pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik.

Kesimpulan

Dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus berkembang, e-learning menjadi salah satu solusi efektif untuk memenuhi kebutuhan akan pendidikan yang inklusif dan fleksibel.

Melalui e-learning, pembelajaran dapat menjadi lebih personal dan terjangkau bagi semua kalangan masyarakat, tanpa terkendala oleh batasan geografis atau waktu.

Dengan demikian, e-learning menjadi sebuah tonggak penting dalam upaya mendukung akses pendidikan yang merata bagi semua.

Jadi jawaban dari soal e-learning merupakan dampak perkembangan teknologi informasi di bidang pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *