Penjelasan Tentang OSIS : Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Tugas OSIS

Avatar
Penjelasan Tentang OSIS : Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Tugas OSIS
Gambar Ilustrasi Penjelasan Tentang OSIS Gambar dari ( Pexels )
Shampo Penumbuh Rambut

MEJA PINTAR – Bagi kamu yang baru masuk pada sekolah menengah pertama penting sekali memahami penjelasan tentang OSIS.

Apa itu penjelasan tentang OSIS ? OSIS atau Organisasi Siswa Intra Sekolah merupakan salah satu kegiatan yang umum dijumpai di sekolah menengah atas dan sekolah menengah pertama di Indonesia.

Pemutih Kulit

Sebagai singkatan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah, OSIS bertujuan untuk menjadi wadah bagi siswa dalam berorganisasi, serta untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab mereka.

Dalam lingkungan sekolah, OSIS memiliki peran penting sebagai sarana bagi siswa untuk berkontribusi dalam kemajuan dan pengembangan sekolah itu sendiri.

Kemeja Blouse

Pengertian OSIS sebagai Organisasi di Lingkungan Sekolah

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) adalah organisasi yang ada di sekolah-sekolah di Indonesia. Anggotanya terdiri dari siswa yang terorganisir dalam struktur kepengurusan. Tujuannya adalah membentuk sikap kepemimpinan, meningkatkan tanggung jawab terhadap sekolah, dan mengembangkan potensi siswa secara menyeluruh.

Long Tunik Shanghai

OSIS juga menjadi wadah bagi siswa untuk mengaktualisasikan ide-ide dan gagasan-gagasan demi kemajuan sekolah.

OSIS terdiri dari berbagai jabatan seperti ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, dan lain-lain, masing-masing dengan tugas dan tanggung jawabnya sendiri.

Selain itu, OSIS juga memiliki departemen-departemen seperti kegiatan sosial, olahraga, seni, dan lainnya.

Peran OSIS cukup penting dalam kehidupan sekolah karena menjadi sarana bagi siswa untuk berkontribusi dalam pengembangan sekolah dan memberi dampak positif pada masyarakat sekitar.

Diharapkan OSIS menjadi wadah bagi siswa untuk belajar dan berkembang secara menyeluruh, baik secara akademik maupun non-akademik.

Tujuan dan Fungsi OSIS untuk Siswa

OSIS memiliki tujuan yang ingin dicapai serta berbagai fungsi yang memberikan manfaat bagi anggotanya, seperti yang dijelaskan dalam buku “Mengembangkan Potensi Peserta Didik Berbasis Kecerdasan Majemuk” oleh Dr. Muhaemin, MA dan Yonsen Fitrianto, S.Pd., M.Pd.

Berikut ini adalah tujuan dan fungsi OSIS untuk siswa di sekolah:

Tujuan OSIS

  • Memperkuat keimanan dan ketakwaan generasi muda: OSIS berperan dalam membangun karakter spiritual siswa.
  • Mengembangkan nilai moral, tanggung jawab, dan cinta lingkungan hidup: OSIS bertujuan untuk membentuk siswa yang memiliki kesadaran akan nilai-nilai moral serta peduli terhadap lingkungan.
  • Memajukan budaya bangsa dan menghormati hak asasi manusia: OSIS berupaya menjaga dan mengembangkan kearifan lokal serta menghormati hak asasi manusia.
  • Meningkatkan kecintaan pada tanah air dan berwawasan kebangsaan: OSIS berperan dalam meningkatkan rasa nasionalisme dan kecintaan pada negara.
  • Membangun sikap saling menghargai, disiplin, demokratis, jujur, bertanggung jawab, dan kerja sama: OSIS bertujuan untuk membentuk karakter siswa yang baik dan mampu bekerja sama dengan orang lain.
  • Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan: OSIS memberikan wadah bagi siswa untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan mereka di luar kelas.
  • Meningkatkan kesehatan fisik dan mental: OSIS juga peduli terhadap kesehatan siswa, baik secara fisik maupun mental.

Fungsi OSIS

  • Sebagai Wadah: OSIS menjadi tempat bagi siswa untuk berkegiatan bersama-sama, berbagi informasi, dan memberikan masukan untuk mencapai tujuan bersama.
  • Sebagai Motivator: OSIS berperan sebagai pendorong bagi siswa untuk berkembang lebih baik lagi dan meningkatkan semangat dalam mencapai tujuan sekolah.
  • Sebagai Pembinaan Peserta Didik: OSIS memberikan berbagai pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman kepada siswa untuk membantu mereka mengarahkan diri dalam mengikuti kegiatan sekolah dan kehidupan sosial.

Tugas OSIS

Tugas OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) dapat bervariasi tergantung pada sekolah dan programnya. Namun, umumnya tugas OSIS mencakup:

  • Mengorganisir dan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, seperti acara sosial, kegiatan amal, atau kompetisi antar-siswa.
  • Merepresentasikan suara siswa dalam menyampaikan masukan dan kebutuhan mereka kepada pihak sekolah.
  • Memfasilitasi komunikasi antara siswa dan staf sekolah, serta mengoordinasikan kegiatan yang melibatkan kedua belah pihak.
  • Membantu dalam menjaga disiplin dan semangat kebersamaan di antara siswa.
  • Mengatur dan mengkoordinasikan acara-acara sekolah, seperti perayaan hari besar, acara olahraga, atau pesta sekolah.
  • Mengelola dan mengembangkan dana dan sumber daya untuk kegiatan dan proyek OSIS.

Semoga penjelasan tentang OSIS diatas bermanfaat bagi sahabat semua.