Jelaskan Pengertian Syariah Menurut Bahasa dan Istilah

Avatar
Jelaskan Pengertian Syariah Menurut Bahasa dan Istilah
Jelaskan Pengertian Syariah Menurut Bahasa dan Istilah
Shampo Penumbuh Rambut

KITA HEBAT – Jelaskan pengertian syariah dalam ajaran islam menjadi salah satu aspek penting yang harus dipelajari.

Mengapa soal jelaskan pengertian Syariah penting dipelajari ? Syariah merupakan aturan yang harus dijalankan.

Pemutih Kulit

Sebelum menjawab soal jelaskan pengertian Syariah, mari pahami dulu pengertian syariah.

Pengertian syariah berkaitan dengan peraturan dalam agama Islam.

Kemeja Blouse

Syariah adalah norma yang mengatur hubungan antara manusia dengan Allah, antara manusia dengan sesamanya, dan antara manusia dengan alam.

Syariah bersumber dari Al-Quran dan hadis.

Long Tunik Shanghai

Pengertian Syariah Menurut Bahasa dan Istilah

Syariah Menurut Bahasa

Syariah, menurut bahasa, bermakna sebagai jalan yang mengarah kepada sumber air. Analogi ini menunjukkan pada suatu jalur yang harus diikuti untuk mencapai kebaikan sebagaimana mencapai sumber air yang segar.

Syariah Menurut Istilah

Sementara itu, menurut istilah, Syariah merangkum semua aturan yang Allah turunkan untuk para hambaNya, membahas berbagai aspek kehidupan mulai dari Aqidah hingga akhlak.

Keistimewaan utama dari Syariat Islam terletak pada sifatnya yang bersumber langsung dari Tuhan semesta alam, yaitu Allah SWT.

Keberadaan syariat ini merupakan perintah langsung dari Sang Pencipta, yang jika dijalankan dengan benar dan baik, menjadi suatu kemutlakan yang tidak terbantahkan.

Keistimewaan Syariah

Keistimewaan Syariat Islam:

1. Keistimewaan Syariat Islam berasal secara langsung dari Tuhan Pencipta semesta alam, yaitu Allah SWT.

Hal ini merupakan suatu ketentuan yang benar-benar mutlak yang Allah tetapkan untuk mengatur perilaku makhluk-makhluk-Nya apabila dijalankan dengan penuh kebenaran dan kebaikan.

2. Syariat Islam tetap terjaga dari perubahan, karena Allah SWT dengan pasti akan menjaga sumber-Nya seperti yang terdapat dalam Al-Quran.

Kekekalan dan keteguhan inilah yang menjadikan Syariat Islam sebagai suatu landasan yang kokoh dan tidak terpengaruh oleh perubahan zaman.

3. Selain itu, keistimewaan lainnya terletak pada cakupan yang luas terhadap keseluruhan aspek kehidupan.

Al-Quran dan syariat Islam lainnya berfungsi sebagai panduan hidup bagi seluruh umat manusia, memberikan petunjuk yang komprehensif untuk berbagai aspek kehidupan, mulai dari urusan ibadah, muamalah, hingga tata cara berinteraksi dalam masyarakat.

Keberlakuan syariat ini mencakup seluruh dimensi kehidupan, membentuk suatu pandangan holistik tentang bagaimana manusia seharusnya menjalani kehidupannya sesuai dengan ketentuan ilahi.

Tujuan Syariah

Tujuan dari syariah dalam Islam adalah untuk memberikan pedoman hidup yang sesuai dengan ajaran agama.

Syariah bertujuan untuk menciptakan keadilan, keseimbangan, dan ketertiban dalam masyarakat. Beberapa tujuan utama dari syariah meliputi:

  • Mengarahkan Hidup Sesuai Ajaran Allah: Syariah bertujuan agar umat Islam menjalani hidup sesuai dengan ajaran Allah yang terdapat dalam Al-Qur’an dan hadis.
  • Menjaga Keadilan: Syariah memiliki tujuan untuk menjaga keadilan dalam semua aspek kehidupan, baik dalam hubungan pribadi, ekonomi, maupun sosial.
  • Memelihara Ketertiban Masyarakat: Syariah bertujuan untuk memelihara ketertiban dan keamanan masyarakat, dengan memberikan norma-norma hukum yang jelas.
  • Menghindari Kemungkaran: Syariah menetapkan aturan-aturan untuk mencegah terjadinya kemungkaran dan perilaku yang dapat merugikan individu atau masyarakat.
  • Mengembangkan Moralitas Individu: Syariah juga bertujuan untuk membentuk karakter dan moralitas individu, sehingga setiap muslim dapat hidup sebagai manusia yang bertakwa dan bermanfaat bagi masyarakat.
  • Memberikan Panduan dalam Urusan Ekonomi: Syariah memberikan panduan dalam urusan ekonomi, termasuk dalam hal-hal seperti zakat, keadilan ekonomi, dan larangan riba.
  • Menciptakan Harmoni dalam Hubungan Sosial: Syariah bertujuan untuk menciptakan harmoni dalam hubungan sosial, baik antarindividu, keluarga, maupun antarberbagai kelompok masyarakat.

Melalui implementasi syariah, umat Islam diharapkan dapat mencapai kebahagiaan dan keselamatan baik dalam kehidupan dunia maupun akhirat.

KITA HEBAT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *