Mengapa pemasaran sangat penting bagi suatu perusahaan? Apa fungsi dari pemasaran tersebut?
Setiap perusahaan memiliki produk yang akan diperjual-belikan, entah itu barang secara rill ataupun dalam bidang jasa. Lalu bagaimana seseorang atau masyarakat mengetahui produk yang kamu sebarkan, atau jasa yang sedang kamu tawarkan.
Faktor terpenting dalam hal tersebut adalah teknik pemasaran suatu produk yang dijalankan oleh perusahaan
Pengertian Pemasaran
Pemasaran adalah kegiatan yang wajib dilakukan oleh perusahaan, baik itu perusahaan barang ataupun jasa, semua itu dilakukan agar semua produk nya diketahui oleh masyarakat luas dan tertarik dengan produk yang kita tawarkan, menurut beberapa ahli pemasaran adalah sebagi berikut
- Menurut Kotler (2001)
Pemasaran adalah suatu aktivitas yang bekerja dengan pasar dengan sasaran untuk mewujudkan pertukaran yang potensial dengan tujuan dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa keberhasilan pemasaran merupakan kunci kesuksesan dari suatu perusahaan.
- Menurut Stanton (2001)
Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk melakukan perencanaan, penentuan harga, kegiatan promosi, dan distribusi barang atau jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli yang potensial.
Secara umum pemasaran adalah suatu strategi atau rencana yang diciptakan oleh suatu perusahaan secara terstruktur yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan melalui transaksi jual beli. Dalam kegiatan tersebut perusahaan dituntut untuk bertanggung jawab akan produk yang ditawarkan agar menciptakan kepuasan terhadap pelanggan.
Pentingnya Pemasaran Bagi Perusahaan
Pemasaran merupakan faktor penting yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan, dimulai dari strategi , produksi dan penyaluran adalah satu kesatuan yang terbungkus dalam pemasaran, semua itu dilakukan agar terjadi hubungan timbal balik yang bersifat positif dari konsumen dan sebaliknya
Tujuan dari pemasaran bukan semata-mata untuk mencari keuntungan dari produk yang telah dipasarkan, melainkan untuk memberikan rasa kepuasan terhadap konsumen, mengenalkan brand kepada masyarakat yang pada akhirnya akan menjadi brand awareness yang akan selalu diingat oleh konsumen.
Tujuan Pemasaran
Produk Dikenal Oleh Konsumen
Dengan pemasaran makan produk yang dihasilkan oleh perusahaan akan lebih dikenal oleh masyarakat luas, dengan begitu peluang mendapatkan keuntungan akan semakin tinggi.
Meningkatkan Target Penjualan
Setiap perusahaan memiliki target dalam memasarkan suatu produk, dengan adanya pemasaran akan meningkatkan target penjualan, karena peluang mendapatkan calon konsumen baru akan lebih besar dari sebelumnya.
Menambah Keuntungan
Meskipun tidak dapat dirasakan secara langsung, fungsi dari pemasaran adalah untuk menambah keuntungan, produk yang dipasarkan semakin lama akan semakin dikenal oleh masyarakat luas yang pada akhirnya akan menambah keuntungan bagi perusahaan karena penjualannya yang meningkat
Menambah Jaringan Bisnis
Ketika perusahaan melakukan pemasaran tentunya akan berhubungan dengan banyak agen ataupun distributor. Merekalah yang akan menyebarkan produk dari perusahaan sebelum dipegang oleh masyarakat luas
Dengan jaringan yang luas memudahkan bisnis terus berkembang dalam mencapai tujuan yang telah dirancang sebelumnya
Mengetahui Perilaku Kompetitor
Dalam berbisnis sudah pasti memiliki competitor ataupun pesaing yang akan membuat perusahaan berfikir keras agar produknya tidak tergusur dari produk lain, dengan pemasaran perusahaan akan mengetahui bagaimana kelebihan dan kekurangan produknya
Sehingga perusahaan dapat melakukan evaluasi tentang produk dan strategi penyebaran agar produknya dapat tersalurkan dengan baik
Itulah sedikit ulasan tentang Mengapa Pemasaran Merupakan Faktor Penting untuk Mencapai Sukses Bagi Perusahaan, semoga dapat menambah wawasan bagi sahabat Kitahebat
Terimakasih