Jelaskan Tentang Menhir ! Pengertian Beserta Fungsinya

Avatar
Jelaskan Tentang Menhir ! Pengertian Beserta Fungsinya
Gambar Ilustrasi Jelaskan Tentang Menhir
Shampo Penumbuh Rambut

MEJA PINTAR – Tolong jelaskan tentang menhir ! Apakah anda sedang mencari informasi jawaban dari soal jelaskan tentang menhir ?

Mari kita simak bersama ulasan Meja Pintar terkait soal jelaskan tentang menhir. Menhir adalah struktur batu yang didirikan sebagai tempat pemujaan dan penghormatan terhadap arwah nenek moyang pada zaman Megalitikum.

Pemutih Kulit

Praktik ini menunjukkan adanya kegiatan pemujaan kolektif yang berkontribusi pada perkembangan kehidupan sosial pada masa itu.

Zaman Megalitikum atau sering disebut zaman batu besar merupakan periode di mana manusia mulai mengembangkan kebudayaan yang menggunakan batu-batu besar.

Kemeja Blouse

Kebudayaan Megalitikum berkembang dari akhir zaman Neolitikum hingga zaman Perunggu. Pada periode ini, manusia mulai mengembangkan kepercayaan awal terhadap roh nenek moyang.

Munculnya kepercayaan terhadap nenek moyang didasarkan pada peningkatan pengetahuan manusia pada masa itu.

Long Tunik Shanghai

Zaman Megalitikum juga dikenal sebagai periode modern karena mengalami perubahan kebudayaan yang signifikan dari masa sebelumnya.

Peninggalan Zaman Megalitikum

Berbagai peninggalan zaman Megalitikum meliputi:

  1. Menhir: Struktur batu yang didirikan sebagai tempat pemujaan dan penghormatan terhadap arwah nenek moyang. Pemujaan kolektif ini juga membantu dalam pertumbuhan kehidupan sosial.
  2. Dolmen: Struktur meja batu yang digunakan untuk upacara peringatan dan pemujaan terhadap roh nenek moyang. Dolmen juga digunakan sebagai tempat pemakaman yang tahan lama.
  3. Sarkofagus: Keranda kayu yang berbentuk seperti lesung, digunakan untuk memindahkan mayat dari rumah ke tempat pemakaman.
  4. Peti Mati: Kuburan batu yang terdiri dari batu besar dan dapat dibongkar pasang untuk memudahkan pemindahan ke pemakaman.
  5. Punden: Bangunan bertingkat yang digunakan untuk peringatan dan pemujaan terhadap arwah nenek moyang.

Di samping itu, pembagian zaman juga dilakukan secara universal sesuai perkembangan di berbagai benua. Contohnya, di Eropa zaman dibagi menjadi zaman kuno, pertengahan, baru, dan modern. Sedangkan di China, zaman dibagi berdasarkan dinasti penguasa.

Perkembangan peradaban pada zaman Megalitikum mencakup berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk seni, ekonomi, dan teknologi.

Fungsi Menhir pada Zaman Megalitikum

Menhir memiliki beberapa fungsi yang dijelaskan dalam jurnal “Watu Lawang sebagai Peninggalan Megalitikum di Desa Banyuputih, Wringin, Bondowoso: Kajian tentang Sejarah, Bentuk, dan Potensinya sebagai Sumber Belajar Sejarah di SMA” (2019) oleh Syamsia Dwi Wulandari dkk.

Fungsi-fungsi tersebut meliputi:

  • Tempat pemujaan terhadap arwah nenek moyang.
  • Sebagai penolak bahaya atau tanda peringatan.
  • Tempat untuk memperingati individu yang telah meninggal, terutama kepala suku.

Nah itulah penjelasan tentang menhir, semoga dapat menambah wawasan sahabat semua.