Jelaskan tentang Landasan Politik Luar Negeri Indonesia yang Bebas Aktif !

Avatar
Gambar Ilustrasi Jelaskan Tentang Landasan Politik Luar Negeri Indonesia
Shampo Penumbuh Rambut

MEJA PINTAR – Mau tau jawaban lengkap dari soal jelaskan tentang landasan politik luar negeri indonesia?

Agar tidak salah menjawab soal jelaskan tentang landasan politik luar negeri indonesia baca sampai akhir ulasan berikut ini.

Pemutih Kulit

Karena Meja Pintar akan memberikan referensi jawaban lengkap tentang soal jelaskan tentang landasan politik luar negeri indonesia.

Politik Luar Negeri merupakan suatu kebijakan yang dirancang oleh suatu negara untuk mengatur hubungannya dengan negara-negara lain dalam konteks dunia internasional. Setiap negara memiliki politik luar negeri yang berbeda-beda sesuai dengan tujuan nasionalnya.

Kemeja Blouse

Indonesia menjalankan politik luar negeri yang dikenal sebagai bebas aktif. “Bebas” berarti Indonesia tidak memihak pada salah satu blok kekuatan global, sementara “aktif” mencerminkan keterlibatan aktif Indonesia dalam menciptakan perdamaian dunia dan menyelesaikan permasalahan internasional.

Prinsip bebas aktif memungkinkan Indonesia untuk menentukan arah, sikap, dan kebijakan luar negerinya sesuai dengan kepentingan nasional yang merdeka dan berdaulat. Negara ini tidak tergantung pada pengaruh kebijakan politik luar negeri negara lain.

Long Tunik Shanghai

Pelaksanaan politik luar negeri Indonesia diwujudkan melalui kegiatan diplomasi yang dilakukan oleh diplomat. Diplomat bertugas menghubungkan kepentingan nasional Indonesia dengan dunia internasional, menjalankan tugasnya sebagai wakil negara di tempat penugasannya.

Landasan Politik Luar Negeri

Landasan politik luar negeri Indonesia melibatkan:

1. Pancasila Sebagai Landasan Ideal

Nilai-nilai Pancasila dijadikan pedoman dalam melaksanakan politik luar negeri, menegaskan pentingnya mempertahankan nilai-nilai tersebut dalam hubungan internasional.

2. UUD 1945 Sebagai Landasan Konstitusional

Pembukaan dan Batang Tubuh UUD 1945 menjadi dasar konstitusional yang penting dalam menjalankan politik luar negeri, sesuai dengan tujuan nasional Indonesia.

3. Undang-Undang Sebagai Landasan Operasional

Undang-Undang menguraikan secara jelas dan lengkap kebijakan politik luar negeri, aturan-aturan terkait, dan lembaga-lembaga yang terlibat dalam pelaksanaannya.

Dengan landasan ini, Indonesia dapat membangun hubungan berkualitas dengan negara-negara lain di dunia, menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, dan memastikan kesesuaian dengan konstitusi dan peraturan yang berlaku.

Setelah membaca ulasan diatas saya yakin kamu tidak akan kesulitan lagi mengerjakan soal jelaskan tentang landasan politik luar negeri indonesia.