Inilah Siklus Kerja Mesin 4 Tak’ Sehingga Menghasilkan Tenaga Dalam Kendaraan Bermotor

Avatar

Inilah Siklus Kerja Mesin 4 Tak’ Sehingga Menghasilkan Tenaga Dalam Kendaraan Bermotor

Mesin sepeda motor yg ditawarkan pada indonesia berdasarkan prinsip kerjanya dibagi menjadi dua, yaitu mesin 2-tidak serta 4-tak. Namun, kebanyakan mesin sepeda motor pada waktu ini sudah menggunakan mesin 4-tak. Penggunaan mesin dua-tak telah dibatasi oleh regulasi pemerintah yang berkaitan menggunakan emisi gas buang. 

Pemutih Kulit

Kini sepeda motor menggunakan mesin 4-tak lebih diminati dalam pemakaian sehari-hari. Karena selain emisi gas buang yang lebih ramah lingkungan, motor dengan mesin 4-tak dievaluasi lebih ekonomis bahan bakar daripada mesin dua-tak.

Baca juga : Jelaskan Sistem Bisnis Otomotif Secara Umum dan Jenis Bisnis Otomotif yang Dapat Menghasilkan Keuntungan yang Besar

Kemeja Blouse

Terdapat beberapa sepeda motor yang di awalnya mempunyai mesin dua-tak lalu berevolusi sebagai mesin 4 tak, terdapat 2 merk yang paling banyak melakukan revolusi yaitu kawasaki ninja dan suzuki satria. Lalu bagaimana sistem kerja mesin 4 tak di sepeda motor? 

Pada prakteknya mesin 4-tak memerlukan empat tahapan atau empat langkah piston dalam sekali siklusnya untuk membentuk tenaga mesin. Langkah tersebut adalah langkah hisap, langkah kompresi, langkah kerja, dan langkah pembuangan

Long Tunik Shanghai

Berikut adalah alur tahapan dari mesin 4 tak

Baca juga :4 Penyebab Rantai Motor Kendor Dan Aus Ternyata Sering Diabaikan Oleh Banyak Orang 

Siklus Kerja Mesin 4 Tak

Berikut adalah ulasan singkat tentang siklus kerja mesin 4 tak, simak sampai akhir ya 

1. Langkah hisap (intake) 

Pada langkah ini piston bergerak dari titik 0 atas ke titik 0 bawah. Kondisi tersebut membuat klep isap antara karburator serta ruang bakar terbuka. Hal inilah yang menyebabkan campuran bahan bakar dan udara masuk ke ruang silinder.

Baca juga :4 Fungsi Transportasi dalam Kehidupan Sehari-Hari yang Dapat Meningkatkan Perkembangan Ekonomi 

2. Langkah Kompresi (compression)

Langkah kedua ini adalah kompresi, kebalikan dari langkah hisap kompresi ini menggerakkan piston dari titik mati 0 bawah ke titik 0 atas, kondisi ini akan membuat campuran bahan bakar dengan udara pada silinder menguap dan mengakibatkan suhu udara menjadi tinggi

3. Langkah Kerja 

Langkah ini sering disebut dengan pembakaran, akibat dari kompresi dengan tekanan suhu yang tinggi, ketika busi memercikkan api akan membakar campuran bahan bakar yang sudah panas sebelumnya, akibatnya piston akan menimbulkan ledakan yang membuat kruk as berputar dan menghasilkan tenaga dalam mesin

Baca juga :5 Cara Kita Menyikapi Adanya Perkembangan Teknologi di Era Globalisasi yang Semakin Mengubah Kehidupan Masyarakat

4. Langkah Buang (exhaust) 

Langkah buang adalah langkah yang terjadi ketika proses pembuatan tenaga telah berhasil dilakukan, 

Di langkah ini piston kembali bergerak dari titik bawah ke titik atas yang otomatis menyebabkan pembukaan di klep buang. Gas residu pembakaran akan keluar dari klep buang dan diteruskan melalui knalpot.

Baca juga : Kemajuan Teknologi dalam Transportasi Administrasi Pos

Sehabis langkah buang, daur kerja mesin 4’tak akan kembali lagi ke langkah hisap. Katup buang akan menutup serta katup hisap akan terbuka waktu piston turun ke titik tewas bawah dan seterusnya.

Siklus tersebut terjadi sebanyak 2 kali dalam putaran krus as, dimulai dari langkah hisap sampai dengan langkah buang yang akan menghasilkan tenaga dalam mesin 4’tak 

Itulah siklus kerja mesin bermotor yang dapat menghasilkan tenaga pada mesin, semoga dapat menambah wawasan bagi sahabat Kitahebat semua 

Terimakasih