E-learning Merupakan Dampak Perkembangan Teknologi informasi yang Sangat Membantu Pembelajaran di Bidang Pendidikan

Avatar
E-learning Merupakan Dampak Perkembangan Teknologi informasi yang Sangat Membantu Pembelajaran di Bidang Pendidikan

Akhir-akhir ini sering sekali menedangar kata E learning atau belajar dirumah untuk para pelajar, bahkan bukan saja pelajar namun e learning digunakan dalam dunia kerja, lalu apakah sahabat Kitahebat tau apa itu yang dimaksud dengan E learning ?

Sejak Negara kita mengalami krisis yaitu sejak adanya pandemic Covid 19 yang dapat dikatakan wabah tersebut menyerang semua kalangan dan menghambat,  menghentikan ekonomi negara dan juga pendidikan.

Pemutih Kulit

Sejak saat itu dunia pendidikan mengalami krisis pembelajaran bahkan pelajar dituntut untuk belajar sendiri dirumah dengan materi yang diberikan secara online, sejak saat itulah kata E learning sering dikatakan oleh masyarakat.

Pengertian E learning 

E learning terdiri dari 2 kata gabungan yaitu Electronik dan learning yang dapat diartikan sebagai pembelajaran secara online. Secara garis besar E learning merupakan manfaat perkembangan teknologi informasi yang digunakan untuk sarana pembelajaran di dunia pendidikan.

Keunggulan dari E learning adalah dapat digunakan oleh siapapun, dimanapun dan kapanpun. Metode ini juga dapat digunakan bahkan berbeda negara, komponen yang dibutuhkan juga sangat simple, kalian hanya perlu menyediakan media yang berbasis internet dan data internet

Long Tunik Shanghai

Baca juga :  Pemanfaatan teknologi di era digital dalam bidang pendidikan di Indonesia 

Mengapa E-Learning Sangat  Dibutuhkan dalam Pendidikan?

Seiring dengan perkembangan zaman sudah seharusnya kita memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang dalam berbagai bidang, salah satunya adalah E learning.  Berikut adalah alasan mengapa E learning sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan

Mengikuti  Perkembangan Zaman

Seperti yang saya katakan diatas untuk mengikuti perkembangan zaman dalam dunia pendidikan, kita semua harus mengikuti pembelajaran yang digunakan disemua negara agar kita tidak ketinggalan atau disebut dengan negara terbelakang 

Efisiensi Biaya

Dengan metode E learning biaya yang diperlukan sangatlah terjangkau, sebut saja kita menggunakan uang 100 ribu untuk membeli paket data yang dapat digunakan dalam waktu satu bulan, bandingkan dengan pembelajaran yang harus bertatap muka yang tentu membutuhkan biaya lebih dalam berbagai aspek, mulai dari biaya buku sampai dengan transportasi

Bisa Atur Waktu Sendiri

Bisa mengatur waktu sendiri yang dimaksud adalah kamu dapat menentukan jam pembelajaran sendiri dengan waktu yang sudah kamu jadwalkan, berbeda dengan tatapmuka yang harus ontime berada dalam satu tempat yang telah ditentukan misalnya disekolah.

Networking

Ada yang mengatakan bahwa menggunakan E learning membuat kita tidak dapat menemukan teman, eitzz jangan salah dengan metode yang satu ini kamu dapat menemukan banyak teman baru yang ada didalam dunia maya, bahkan kamu bisa mendapatkan teman dari negara lain asalkan kamu dapat menguasai bahasa mereka.

Ramah Lingkungan 

Tahukah kalian bahwa studi yang dilakukan oleh Open University menunjukkan bahwa secara rata-rata, e-learning menggunakan energi 90% lebih sedikit dari pembelajaran secara tatao muka atau real. Tidak hanya itu, e-learning pun mengurangi emisi karbon dioksida hingga mencapai 85%, itu semua karena E learning tidak membutuhkan kertas dalam pembelajarannya yang secara otomatis kita melindungi pohon agar tetap terjaga kelestariannya

Baca juga : 6 Manfaat teknologi bagi pendidikan di Indonesia sampai sekarang 

Cara Menggunakan E-Learning

E learning merupakan teknologi yang dapat diakses menggunkan data atau dapat dikatakan berbayar, cara untuk menggunakannya secara umum adalah sebagai berikut

• Masuk dalam situs Web E learning yang kamu gunakan 

• Daftarkan diri kalian dalam forum tersebut 

• Gunakan email yang kalian pakai dan buat paswordnya 

• Lengkapi data diri mulai dari nama, alamat dan lain-lain 

• Tunggu konfirmasi yang akan dikirimkan melalui email yang kalian daftarkan 

• Jika sudah mendapatkan balasan tersebut kamu dapat memverifikasi  email tersebut 

• Jika kamu mendaftar pada forum yang berbayar, maka kamu wajib untuk membayar sejumlah uang yang sudah ditentukan 

• Jika semua sudah kamu lakukan sekarang kamu dapat bergabung dalam forum E learning yang kamu ikuti

Dampak Negatif E-Learning

Meskipun memiliki banyak kelebihan yang dapat menunjang pendidikan namun E-Learning memiliki dampak negatif yang dapat dirasakan secara langsung.

Berikut adalah beberapa dampak negatif dari e-learning:

Kurangnya interaksi sosial

E-learning membuat siswa belajar secara mandiri dengan bantuan teknologi, sehingga kurangnya interaksi sosial antara siswa dan guru maupun sesama siswa dapat terjadi. Hal ini dapat mempengaruhi kemampuan sosial siswa di kehidupan nyata.

Kurangnya motivasi

Siswa mungkin merasa sulit untuk tetap termotivasi dalam pembelajaran online karena kurangnya interaksi langsung dengan guru dan teman sekelas. Hal ini dapat mengganggu proses belajar dan hasilnya.

Tantangan teknis

Siswa yang tidak terbiasa dengan teknologi mungkin menghadapi kesulitan saat mengakses dan menggunakan platform e-learning, terutama jika akses internet atau perangkat komputer tidak memadai. Ini dapat menyebabkan frustrasi dan mengurangi efektivitas pembelajaran.

Kecanduan gadget

Pembelajaran online membutuhkan penggunaan gadget seperti laptop atau smartphone, yang dapat menyebabkan siswa menjadi kecanduan gadget dan kurang fokus pada kegiatan di luar ruangan.

Kurangnya pemantauan

Dalam e-learning, guru tidak dapat memantau aktivitas siswa secara langsung seperti yang dapat dilakukan dalam kelas fisik. Hal ini dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas pembelajaran siswa.

Itulah ulasan tentang E-learning Merupakan Dampak Perkembangan Teknologi informasi yang Sangat Membantu Pembelajaran di bidang Pendidikan, semoga dapat menambah wawasan bagi sahabat Kitahebat

Terimakasih