Jelaskan Bagaimana Pengaruh Konflik Rusia Ukraina Terhadap Current dan Financial Account Indonesia?

Avatar
Jelaskan Bagaimana Pengaruh Konflik Rusia Ukraina Terhadap Current dan Financial Account Indonesia?
Jelaskan Bagaimana Pengaruh Konflik Rusia Ukraina Terhadap Current dan Financial Account Indonesia?
Shampo Penumbuh Rambut

KITA HEBAT – Pernahkah kamu mendapatkan soal bagaimana pengaruh konflik rusia ukraina terhadap current dan financial account indonesia?

Ternyata masih banyak siswa yang merasa kesulitan menjawab soal bagaimana pengaruh konflik rusia ukraina terhadap current dan financial account Indonesia.

Pemutih Kulit

Oleh sebab itu, Kita Hebat akan membantu kamu menjawab soal bagaimana pengaruh konflik rusia ukraina terhadap current dan financial account Indonesia.

Perang berkepanjangan antara Rusia dan Ukraina memberikan dampak serius pada perdagangan Indonesia, baik dalam hal ekspor maupun impor.

Kemeja Blouse

Dampak ini terutama terlihat pada kenaikan harga komoditas, seperti minyak global yang diproduksi oleh Rusia.

Bagi Indonesia, yang merupakan negara net importir minyak, hal ini menjadi tantangan signifikan.

Long Tunik Shanghai

Pengaruh Konflik Rusia Ukraina Terhadap Current dan Financial Account Indonesia

1.Dampak Bagi Current Account

a. Kegiatan Ekspor dan Impor

Konflik antara Rusia dan Ukraina berpotensi mempengaruhi perdagangan internasional secara menyeluruh, termasuk ekspor dan impor Indonesia.

Kenaikan harga minyak global akibat ketidakpastian pasokan dari Rusia dapat menyebabkan defisit besar bagi neraca perdagangan Indonesia, yang heavily relies sebagai net importir minyak.

b. Kenaikan Harga Komoditas

Kenaikan harga CPO dan batu bara, meskipun menjadi dampak samping, sebenarnya memberikan peluang bagi Indonesia.

Dua komoditas tersebut merupakan unggulan Indonesia dan dapat diekspor ke pasar internasional, membantu mengurangi dampak defisit perdagangan yang mungkin terjadi akibat kenaikan harga minyak.

2. Dampak Pada Financial Account

a. Ketidakpercayaan Investasi Asing

Konflik geopolitik ini menciptakan ketidakpastian global yang berpotensi menggoyahkan kepercayaan investor asing terhadap Indonesia.

Bila investor kehilangan keyakinan terhadap stabilitas ekonomi global, investasi mereka dapat menyusut secara signifikan.

b. Gejolak Arus Modal

Dengan terjadinya gejolak di pasar keuangan global, Indonesia harus berhadapan dengan potensi gangguan arus modal.

Investor cenderung beralih ke aset yang dianggap lebih aman, mengakibatkan perubahan nilai tukar dan kondisi pasar keuangan di Indonesia.

Dalam situasi ini, Indonesia perlu mengambil langkah-langkah strategis untuk menjaga stabilitas ekonomi dan menarik kembali kepercayaan investor.

Meskipun tantangan besar, kesempatan untuk meningkatkan ekspor komoditas unggulan menjadi kunci untuk mengatasi dampak negatif perang berkepanjangan ini.

Itulah jawaban dari soal bagaimana pengaruh konflik rusia ukraina terhadap current dan financial account indonesia, semoga bermanfaat.

KITA HEBAT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *