Arti dari Kata Effort yang Viral Kalangan Remaja, Begini Penjelasan dan Contohnya

Avatar
Arti dari Kata Effort yang Viral Kalangan Remaja, Begini Penjelasan dan Contohnya
Gambar Ilustrasi Arti dari Kata Effort yang Viral Kalangan Remaja
Shampo Penumbuh Rambut

MEJA PINTAR – Inilah arti dari kata effort yang sering dikatakan anak jaman sekarang. Pasti kamu sering mendengar kata Effortnya, namun apakah kamu tau arti dari kata effort ?

Atau jangan-jangan kamu tidak tau arti dari kata effort dan cuma mengiyakan saja temanmu berkata seperti itu ?

Pemutih Kulit

Nah jika kamu belum tau apa arti dari kata effort mari kita simak bersama penjelasan berikut ini.

Effort sendiri adalah kata yang berasal dari Bahasa Inggris. Maknanya adalah usaha atau upaya.

Kemeja Blouse

Kata “effort” biasanya digunakan untuk menggambarkan usaha yang telah dilakukan seseorang untuk mencapai sesuatu.

Sebagai contoh dalam konteks pekerjaan, “Dia sudah berusaha sangat keras dalam pekerjaannya, maka wajar jika dia akan mendapatkan kenaikan gaji bulan ini.”

Long Tunik Shanghai

Mari kita pelajari selengkapnya pada pembahasan berikut ini.

Pengertian Kata “Effort”

Effort berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti usaha atau upaya yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan atau hasil. Konsep “Effort” mencakup penggunaan energi, alokasi waktu, dan kesungguhan seseorang dalam menjalankan suatu tindakan atau mencapai suatu prestasi.

Apabila seseorang menyatakan “saya sudah berusaha dengan sungguh-sungguh datang ke sini untuk melihat pertunjukan kalian,” hal tersebut merujuk pada usaha dan tenaga yang dikeluarkan oleh individu tersebut untuk keperluan tersebut.

Situasi tersebut menggambarkan bahwa individu tersebut telah berupaya keras untuk mengalokasikan waktu, tenaga, dan pikiran bagi orang lain.

Oleh karena itu, ketika seseorang melakukan suatu usaha atau tindakan, kata “effort” dapat digunakan untuk menggambarkan aktivitas tersebut.

Persamaan Kata dengan “Effort”

1. Upaya (Exertion)

Kata “exertion” memiliki makna serupa dengan “effort” karena keduanya mengacu pada tindakan fisik atau mental yang memerlukan usaha dan energi.

2. Berjuang (Striving)

“Striving” mencerminkan upaya yang berkelanjutan untuk mencapai suatu tujuan atau hasil yang diinginkan, sejalan dengan konsep “effort” yang melibatkan ketekunan.

3. Usaha (Endeavor)

“Endeavor” adalah kata lain yang dapat dianggap sebagai sinonim dengan “effort,” karena keduanya menggambarkan tindakan yang disertai dengan niat untuk mencapai sesuatu.

Penggunaan Kata “Effort” dalam Hubungan

Dalam konteks hubungan, penggunaan kata “effort” menandakan kesungguhan atau keberatan yang ditunjukkan seseorang untuk meningkatkan kualitas hubungan. Usaha dalam hubungan dapat beragam, seperti memberikan perhatian lebih, memahami dan mendukung pasangan, serta berkomunikasi secara efektif.

Pentingnya penggunaan kata “effort” dalam hubungan terletak pada kemampuannya untuk menunjukkan bahwa seseorang sungguh-sungguh peduli dan berkomitmen untuk memperbaiki hubungan tersebut. Tanpa adanya usaha atau “effort”, hubungan cenderung akan stagnan dan tidak berkembang.

Namun, ketika seseorang menunjukkan usaha yang nyata, maka hubungan tersebut akan menjadi lebih berarti, dan tingkat pemahaman antara pasangan akan meningkat.

Dengan demikian, penggunaan kata “effort” dalam hubungan menandakan keseriusan dan komitmen seseorang untuk merawat dan meningkatkan kualitas hubungan tersebut. Usaha yang ditanamkan juga akan menghasilkan dampak yang lebih baik dan lebih mendalam dalam hubungan.

Contoh Penggunaan Kata “Effort”

Selain itu, perhatikan pula beberapa contoh penggunaan kata “effort” dalam berbagai situasi:

  • Memberikan Barang Spesial: “Dia benar-benar menunjukkan effort ketika memberikan kado ulang tahun yang sangat istimewa.”
  • Ajakan Berkencan: “Kamu sungguh menghargai effort-nya untuk mengajakku keluar makan malam. Sangat mengesankan!”
  • Memperhatikan Detail: “Dia sungguh berusaha untuk mengenal selera musikku dengan memperhatikan playlist favoritku.”
  • Menyampaikan Kasih Sayang: “Nenek sungguh berusaha datang ke Wisuda meskipun sedang sakit.”
  • Menunjukkan Perjuangan dan Ketekunan: “Dia sungguh berusaha keras dalam studinya di Universitas Harvard.”

Penggunaan “effort” dalam konteks ini menekankan tindakan nyata dan perhatian yang ditunjukkan seseorang dalam upaya untuk membangun atau memperkuat hubungan.

Istilah ini mencerminkan rasa serius dan niat positif dari pihak yang menunjukkan usaha tersebut.

Nah itulah penjelasan arti dari kata effort yang sering dibicarakan anak remaja sekarang, semoga bermanfaat ya.