Jelaskan Apa yang Dimaksud dengan Teknik Pivot dalam Permainan Bola Basket ! Inilah Jawabannya

Avatar
Jelaskan Apa yang Dimaksud dengan Teknik Pivot dalam Permainan Bola Basket ! Inilah Jawabannya
Gambar Ilustrasi Apa yang Dimaksud dengan Teknik Pivot dalam Permainan Bola Basket
Shampo Penumbuh Rambut

MEJA PINTAR – Membahas soal jelaskan apa yang dimaksud dengan teknik pivot dalam permainan bola basket.

Tentu sahabat sudah tau semua ya olahraga basket, namun belum masih banyak sahabat yang belum faham apa yang dimaksud dengan teknik pivot dalam permainan bola basket.

Pemutih Kulit

Yuk kita bahas bersama soal jelaskan apa yang dimaksud dengan teknik pivot dalam permainan bola basket .

Gerakan pivot adalah gerakan dasar dalam permainan bola basket, di mana pemain mempertahankan bola dengan memutar badan dan menumpukan berat badan pada satu kaki tanpa menggeser kaki lainnya.

Kemeja Blouse

Gerakan ini dapat mencapai rotasi penuh 360 derajat. Penting untuk dicatat bahwa kaki yang menjadi tumpuan harus tetap stabil, jika kedua kaki bergerak maka akan dianggap sebagai pelanggaran.

Teknik ini juga dikenal dengan sebutan teknik memoros.

Long Tunik Shanghai

Variasi Teknik Pivot dalam Permainan Bola Basket

Prinsip dasar dari teknik pivot adalah memutar badan dengan menggunakan satu kaki sebagai poros putaran setelah menerima bola.

Keseimbangan tubuh sangatlah penting dalam menjalankan teknik ini. Terdapat beberapa variasi teknik pivot, antara lain:

  1. Pivot kemudian dribble: Setelah melakukan pivot, pemain dapat melanjutkan dengan membawa bola (dribble).
  2. Pivot kemudian passing: Pivot juga bisa diikuti dengan melakukan passing atau mengoper bola ke pemain lain tanpa perlu melakukan dribble terlebih dahulu.
  3. Pivot kemudian shooting: Setelah melakukan pivot, pemain dapat menembakkan bola ke dalam keranjang. Teknik ini memerlukan keterampilan yang cukup karena harus memperhitungkan sudut tembakan agar tidak meleset.

Tujuan dari teknik pivot adalah untuk mengecoh atau menghindari lawan agar tidak merebut bola. Teknik ini dapat diterapkan oleh siapa pun tanpa memerlukan keahlian khusus, tetapi latihan yang konsisten diperlukan untuk menguasainya.

Keseimbangan tubuh sangatlah krusial; ketidakseimbangan dapat menyebabkan pemain terjatuh dan berpotensi mengalami cedera.

Selain itu, kegagalan dalam menjalankan teknik pivot dengan baik dapat dianggap sebagai pelanggaran dalam permainan. Itulah penjelasan mengenai cara melakukan pivot dalam permainan bola basket.

Itulah penjelasan dari soal apa yang dimaksud dengan teknik pivot dalam permainan bola basket, semoga dapat menambah wawasan bagi sahabat semua.