Apa yang Anda Ketahui Tentang Mainframe Server ? Pengertian, Ciri – Ciri & Fungsi Mainframe Server

Avatar
Gambar Ilustrasi Apa yang Anda Ketahui Tentang Mainframe Server
Shampo Penumbuh Rambut

MEJA PINTAR – Menjawab soal apa yang anda ketahui tentang mainframe server ? Semakin kesini teknologi semakin canggih dan lengkap.

Baru-baru ini sering terdengar mainframe server, apa yang anda ketahui tentang mainframe server ?

Pemutih Kulit

Mari kita bahas bersama soal apa yang anda ketahui tentang mainframe server disini. Mainframe adalah istilah dalam dunia Teknologi Informasi yang menunjukkan kelas tertinggi dari komputer.

Ini terdiri dari komputer-komputer yang memiliki kemampuan untuk menjalankan banyak tugas komputasi yang rumit dalam waktu yang singkat.

Kemeja Blouse

Berbeda dengan komputer pribadi atau server umumnya, mainframe memiliki kemampuan untuk menjalankan banyak tugas secara bersamaan dengan efisiensi tinggi.

Ciri – Ciri Komputer Mainframe Server

Beberapa ciri khas dari mainframe server meliputi:

  • Kinerja Tinggi: Mainframe mampu menangani beban kerja yang sangat besar dan menjalankan aplikasi dengan kinerja tinggi. Ini membuatnya cocok untuk organisasi atau perusahaan yang membutuhkan pemrosesan data dalam jumlah besar.
  • Keandalan dan Ketersediaan Tinggi: Mainframe dirancang untuk keandalan tinggi dan ketersediaan yang maksimal. Mereka dilengkapi dengan fitur redundansi dan kemampuan pemulihan yang cepat, sehingga downtime dapat diminimalkan.
  • Skalabilitas: Mainframe dapat dengan mudah diukur atau diperbesar sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Ini memungkinkan organisasi untuk menyesuaikan kapasitas sesuai dengan pertumbuhan atau perubahan kebutuhan bisnis.
  • Kemampuan Multi-Tugas: Mainframe mampu menjalankan banyak tugas atau pekerjaan secara bersamaan, termasuk aplikasi bisnis yang kompleks dan transaksi dalam jumlah besar.
  • Keamanan Tinggi: Karena mainframe sering digunakan untuk menyimpan dan memproses data kritis, keamanan menjadi salah satu fokus utama. Mereka dilengkapi dengan fitur keamanan tinggi untuk melindungi integritas dan kerahasiaan data.
  • Sistem Operasi Khusus: Mainframe biasanya menggunakan sistem operasi khusus yang dirancang untuk mendukung karakteristik unik dari komputasi mainframe.

Fungsi Komputer Mainframe Server

  • Pekerjaan Skala Besar: Komputer mainframe server berfungsi untuk menangani pekerjaan skala besar, baik dalam pengolahan maupun penyimpanan data. Kapabilitasnya yang tinggi memungkinkan pemrosesan sejumlah besar data dengan efisien.
  • Skalabilitas Pengguna: Komputer mainframe dapat digunakan oleh banyak pengguna secara bersamaan. Ini memungkinkan organisasi atau lembaga dengan kebutuhan besar untuk mendistribusikan sumber daya komputasi kepada banyak pengguna secara efektif.
  • Multitasking: Fungsi lainnya dari komputer mainframe adalah kemampuannya untuk menjalankan banyak aplikasi sekaligus dalam waktu bersamaan, atau yang dikenal sebagai fungsi multitasking. Hal ini memungkinkan berbagai tugas dapat dilakukan secara paralel.
  • Time Sharing: Komputer mainframe menggunakan teknologi time sharing, yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi informasi dan mendapatkan informasi yang sangat penting. Sistem ini memungkinkan banyak pengguna untuk mengakses dan menggunakan sumber daya secara bersamaan.
  • Pengawas Lalu Lintas Data: Dalam situasi di mana banyak program berusaha mendapatkan data secara bersamaan, komputer mainframe dapat berfungsi sebagai pengawas lalu lintas data. Ini membantu mengelola dan mengkoordinasikan akses ke data secara efisien.

Itulah pembahasan tentang apa yang anda ketahui tentang mainframe server, semoga bermanfaat.

Terimakasih.