Apa yang Anda Ketahui Tentang Biografi ? Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Tujuan dan Contoh Biografi

Avatar
Apa yang Anda Ketahui Tentang Biografi ? Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Tujuan dan Contoh Biografi
Gambar Ilustrasi Apa yang Anda Ketahui Tentang Biografi
Shampo Penumbuh Rambut

MEJA PINTAR – Pernahkah sahabat mendapatkan soal apa yang anda ketahui tentang biografi ? Biografi adalah suatu bentuk tulisan yang menguraikan kisah dan detail kehidupan seseorang.

Dalam bahasa Yunani, istilah “Biografi” berasal dari kata “Bios” yang berarti hidup dan “Graphien” yang berarti tulisan.

Pemutih Kulit

Oleh karena itu secara harfiah, biografi adalah tulisan yang menggambarkan kehidupan seseorang.

Ciri-Ciri Biografi

Bicara tentang apa yang anda ketahui tentang biografi, tulisan biografi memiliki beberapa ciri yang membedakannya dari jenis tulisan lainnya, diantaranya adalah :

  • Fokus pada Kisah Hidup Tokoh: Isi dari biografi menceritakan perjalanan hidup seseorang atau tokoh tertentu.
  • Penggunaan Unsur Kebahasaan: Penulisan biografi menggunakan beragam unsur kebahasaan seperti kata hubung, kata rujukan, kata kerja, waktu, aktivitas, dan tempat.
  • Bentuk Fiksi atau Nonfiksi: Biografi dapat disajikan dalam bentuk fiksi maupun nonfiksi, tergantung pada pendekatan dan sumber informasi yang digunakan.
  • Pola Penyajian Tertentu: Teks biografi mengikuti pola tertentu yang mencakup alur cerita, sudut pandang penceritaan, gaya penulisan, fokus penceritaan, dan penggunaan bahasa yang spesifik.
  • Pengembangan Paragraf Deskriptif dan Naratif: Paragraf-paragraf dalam biografi dikembangkan secara deskriptif dan naratif untuk memberikan gambaran yang jelas tentang kehidupan tokoh.
  • Struktur Tertentu: Umumnya, biografi disusun mengikuti struktur tertentu, termasuk orientasi, kejadian atau peristiwa penting, dan reorientasi.
  • Penggambaran Karakter Tokoh: Tokoh dalam biografi dapat digambarkan secara langsung maupun tidak langsung melalui berbagai peristiwa dan interaksi dalam kehidupannya.
  • Pengembangan Kronologis: Pola pengembangan teks biografi bersifat kronologis dan runut, mengikuti urutan waktu kehidupan tokoh.

Struktur Tulisan Biografi

Struktur tulisan biografi sangat penting untuk memahami rangkaian cerita yang disajikan. Struktur ini mencakup:

Long Tunik Shanghai
  1. Orientasi atau Pengenalan: Bagian ini memberikan gambaran awal tentang tokoh yang digambarkan. Biasanya mencakup informasi dasar tentang identitas tokoh, latar belakang keluarga, dan informasi pribadi lainnya.
  2. Peristiwa dan Masalah: Bagian ini menguraikan peristiwa-peristiwa penting dalam kehidupan tokoh serta masalah-masalah yang dihadapinya. Ini membentuk inti dari cerita biografi.
  3. Reorientasi: Bagian opsional yang memberikan pandangan atau opini penulis tentang tokoh yang diangkat dalam biografi.

Apa Tujuan dari Sebuah Biografi

Tujuan dari sebuah biografi adalah untuk mendokumentasikan kehidupan seseorang secara menyeluruh, termasuk latar belakang, pengalaman, pencapaian, dan pengaruhnya terhadap dunia di sekitarnya.

Biografi bertujuan untuk memberikan wawasan yang mendalam tentang individu tersebut, baik bagi pembaca saat ini maupun generasi yang akan datang.

Selain itu, biografi juga dapat menginspirasi, menghibur, dan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang sejarah, budaya, dan nilai-nilai yang terkandung dalam kehidupan seseorang.

Contoh Biografi: BJ Habibie

Orientasi

BJ Habibie dilahirkan pada 25 Juni 1936 di Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Beliau adalah Presiden ketiga Indonesia dan memiliki nama lengkap Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie. Ibunya berasal dari Jawa, sementara ayahnya berasal dari Pare-Pare. Kecerdasan Habibie dalam ilmu teknologi dan fisika sudah terlihat sejak usia dini.

Peristiwa Penting

Habibie menempuh pendidikan Teknik Mesin di ITB dan melanjutkan ke Jerman pada tahun 1955. Di sana, dia memperoleh gelar Doktor dengan predikat terbaik setelah menekuni bidang desain dan konstruksi pesawat terbang.

Reorientasi

Setelah menikah dengan Ibu Hasri Ainun Besari pada tahun 1962, Habibie melanjutkan program doktoralnya di Jerman. Kontribusinya bagi Indonesia terlihat dari berbagai inovasi dan kontribusi dalam pengembangan teknologi, termasuk pembuatan pesawat terbang pertama.

Dengan memahami apa yang anda ketahui tentang biografi, anda dapat menikmati dan mengapresiasi kisah hidup tokoh yang disajikan secara lebih baik.

Biografi memberikan inspirasi dan wawasan tentang perjalanan hidup seseorang yang dapat memberikan motivasi dan pelajaran berharga bagi pembaca.