Langkah Pertama yang Harus Dilakukan Ketika Menulis Tujuan Pembelajaran Dengan Alternatif Kedua Adalah ?

Avatar
Langkah Pertama yang Harus Dilakukan Ketika Menulis Tujuan Pembelajaran Dengan Alternatif Kedua Adalah ?
Gambar Ilustrasi Langkah Pertama yang Harus Dilakukan Ketika Menulis Tujuan Pembelajaran Dengan Alternatif Kedua

KITA HEBAT – Sebutkan langkah pertama yang harus dilakukan ketika menulis tujuan pembelajaran dengan alternatif kedua.

Kali ini Kita Hebat akan membahas soal langkah pertama yang harus dilakukan ketika menulis tujuan pembelajaran dengan alternatif kedua.

Setelah membaca langkah pertama yang harus dilakukan ketika menulis tujuan pembelajaran dengan alternatif kedua berikut, diharapkan guru dapat mencapai target tujuan pembelajaran.

Tujuan pembelajaran ini menjadi panduan bagi tenaga pendidik dalam melaksanakan pembelajaran.

Namun, sayangnya, pencapaian tujuan pembelajaran tersebut masih terasa kurang konkret ketika diterapkan dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari.

Tenaga pendidik perlu merinci tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan menjadi tujuan pembelajaran yang lebih spesifik.

3 Alternatif Tujuan Pembelajaran

Melalui penentuan tujuan pembelajaran, para murid dapat mencapai target yang telah ditetapkan oleh Pemerintah hingga akhir fase pembelajaran.

Ada tiga alternatif yang dapat digunakan oleh tenaga pendidik dalam merumuskan tujuan pembelajaran.

Alternatif pertama adalah merumuskan tujuan pembelajaran secara langsung berdasarkan capaian pembelajaran yang telah ditetapkan.

Alternatif kedua, yang akan kita bahas kali ini, melibatkan penyusunan tujuan pembelajaran dengan menganalisis kompetensi dan ruang lingkup materi dari capaian pembelajaran.

Alternatif ketiga menggunakan lintas elemen dari capaian pembelajaran itu sendiri.

Langkah Pertama yang Harus Dilakukan Ketika Menulis Tujuan Pembelajaran Dengan Alternatif Kedua

Langkah pertama dalam alternatif kedua ini adalah merumuskan tujuan khusus, yang akan memudahkan penyusunan tujuan pembelajaran secara keseluruhan.

Tujuan khusus juga akan membantu pengajar dalam pemilihan materi yang akan diajarkan kepada siswa.

Selain itu, model pembelajaran, strategi, dan media yang digunakan akan lebih mudah dipilih setelah tujuan khusus dari materi tersebut telah ditetapkan.

Umumnya, tujuan pembelajaran terdiri dari empat unsur pokok, yaitu Audience, Behavior, Condition, dan Degree.

Setiap tenaga pendidik wajib memahami keempat unsur pokok ini sebelum menyusun tujuan pembelajaran, dan detailnya dapat dicari dari berbagai sumber.

Proses belajar mengajar di kelas akan menjadi lebih efektif jika guru memahami setiap tujuan pembelajaran yang diinginkan.

Dengan begitu, para murid akan lebih mudah menyerap materi yang diajarkan.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa langkah pertama dalam alternatif kedua ini adalah menetapkan tujuan khusus.

Perubahan positif pasca proses pembelajaran akan mencerminkan tercapainya tujuan pembelajaran.

Namun, sebaliknya, jika tidak terjadi perubahan positif, itu menandakan bahwa tujuan pembelajaran belum tercapai.

Bagaimana, apakah kamu sudah tau langkah pertama yang harus dilakukan ketika menulis tujuan pembelajaran dengan alternatif kedua ?

Semoga bermanfaat.