Tuliskan Contoh Nada pada Tangga Nada Mayor yang Memiliki Interval Nada 2

Avatar
Gambar Ilustrasi Contoh Nada pada Tangga Nada Mayor yang Memiliki Interval Nada 2
Shampo Penumbuh Rambut

KITA HEBAT – Halo sahabat, kali ini kita akan membahas soal tuliskan contoh nada pada tangga nada mayor yang memiliki interval nada 2.

Soal tuliskan contoh nada pada tangga nada mayor yang memiliki interval nada 2 ini terdapat pada pelajara seni budaya kelas 10 atau setingkat dengan sekolah menengah atas.

Pemutih Kulit

Agar kamu dapat menjawab soal tuliskan contoh nada pada tangga nada mayor yang memiliki interval nada 2, simak ulasan berikut ini ya.

Interval dalam dunia musik merupakan jarak antara dua nada, baik ke arah atas maupun ke arah bawah.

Kemeja Blouse

Setiap interval memiliki penamaan khusus tergantung pada jarak yang terbentang di antara dua nada yang terlibat.

Tuliskan Contoh Nada pada Tangga Nada Mayor yang Memiliki Interval Nada 2 !

Nada yang memiliki interval dua berarti terdapat jarak dua langkah di antara mereka, atau dengan kata lain, interval terts.

Long Tunik Shanghai

Sebagai contoh, untuk menentukan interval dua dari nada C, langkahkan sebanyak dua langkah ke atas, seperti yang terjadi antara C dan E.

Secara umum, terdapat delapan jenis interval dalam satu tangga nada.

Ke delapan interval tersebut mencakup:

  1. Prime: Interval antara dua nada yang identik. Sebagai contoh, dalam tangga nada C mayor, interval prime terjadi antara C dan C.
  2. Second: Interval antara nada pertama dan nada kedua, setara dengan satu langkah. Contohnya dalam tangga nada C mayor adalah interval antara C dan D, serta F dan G.
  3. Terts: Interval dari sebuah nada ke nada ketiga, setara dengan dua langkah. Dalam tangga nada C mayor, contohnya adalah interval antara C dan E, serta F dan A.
  4. Kuarts: Interval dari nada pertama ke nada keempat, setara dengan tiga langkah. Contoh dalam tangga nada C mayor adalah interval antara C dan F, serta F dan B.
  5. Kwint: Interval dari nada pertama ke nada kelima, setara dengan empat langkah. Sebagai ilustrasi, dalam tangga nada C mayor, interval kwint terjadi antara C dan G, serta D dan A.
  6. Sekst: Interval dari nada pertama ke nada keenam, setara dengan lima langkah. Contoh pada tangga nada C mayor adalah interval antara C dan A.
  7. Septim: Interval dari nada pertama ke nada ketujuh, setara dengan enam langkah. Dalam tangga nada C mayor, contohnya adalah interval antara C dan B.
  8. Oktaf: Jarak antara nada pertama dan nada kedelapan, setara dengan tujuh langkah. Sebagai contoh, dalam tangga nada C mayor, interval oktaf terjadi antara C dan C’.

Pemahaman yang mendalam mengenai interval dalam musik membuka pintu bagi penikmat musik untuk menggali keindahan dan kompleksitas dari setiap nada yang terdengar.

Semoga pembahasan tentang tuliskan contoh nada pada tangga nada mayor yang memiliki interval nada 2 diatas bermanfaat bagi sahabat semua.

Terimakasih.