Siapa Tokoh Pembaharu Uni Soviet Apa yang Dilakukannya

Avatar
Siapa Tokoh Pembaharu Uni Soviet Apa yang Dilakukannya
Gambar Ilustrasi Siapa Tokoh Pembaharu Uni Soviet Apa yang Dilakukannya
Shampo Penumbuh Rambut

KITA HEBAT – Tahukah Anda siapa tokoh pembaharu uni soviet apa yang dilakukannya ?

Mari kita bahas bersama siapa tokoh pembaharu uni soviet apa yang dilakukannya dalam pembaharuan tersebut.

Pemutih Kulit

Dengan begitu kamu tidak lagi kesulitan menjawab soal siapa tokoh pembaharu uni soviet apa yang dilakukannya.

Di era ini terjadi pada Uni Soviet pasca-Perang Dunia II di Eropa timur, simak penjelasan lengkapnya.

Kemeja Blouse

Siapa Tokoh Pembaharu Uni Soviet ?

Pembaharu Uni Soviet merupakan era perubahan dan reformasi yang dimulai pada awal 1980-an di Uni Soviet di bawah kepemimpinan Sekretaris Jenderal Partai Komunis Uni Soviet, Mikhail Gorbachev.

Long Tunik Shanghai

Periode ini ditandai dengan kebijakan “glasnost” (keterbukaan) dan “perestroika” (reformasi ekonomi), yang bertujuan untuk memodernisasi dan mereformasi sistem politik dan ekonomi Uni Soviet.

Keterbukaan (glasnost) mencakup upaya untuk meningkatkan transparansi dalam pemerintahan, mengurangi ketertutupan informasi, dan memberikan kebebasan berbicara kepada masyarakat.

Sementara itu, reformasi ekonomi (perestroika) berfokus pada restrukturisasi ekonomi untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan daya saing.

Pembaharuan ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan kestabilan di Uni Soviet, namun seiring berjalannya waktu, mereka juga membuka jalan bagi tumbuhnya desakan untuk otonomi nasional di negara-negara bagian Uni Soviet dan akhirnya berkontribusi pada keruntuhan sistem tersebut pada tahun 1991.

Apa yang Dilakukan Mikhail Gorbachev ?

Menurut Encyclopedia Britannica, Mikhail Gorbachev menjadi peran kunci dalam mengakhiri dominasi Uni Soviet pasca-Perang Dunia II di Eropa Timur.

Gorbachev memiliki peran signifikan dalam meruntuhkan “Tirai Besi” atau tembok yang memisahkan antara negara-negara komunis Timur dan negara-negara Barat.

Dalam urusan luar negeri, Gorbachev juga membina hubungan persahabatan dengan negara-negara nonkomunis, terutama Amerika Serikat.

Gorbachev bekerja sama dengan Presiden AS Ronald Reagan untuk mengurangi ketegangan politik dan militer antara Amerika Serikat dan Uni Soviet.

Berkat tindakannya, Gorbachev turut serta dalam mengakhiri Perang Dingin. Pada tahun 1990, Gorbachev dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian atas “peran utama dalam proses perdamaian” di Eropa.

Mikhail Gorbachev meninggal dunia pada Selasa, 30 Agustus 2022, waktu setempat, di Rumah Sakit Pusat Moscow, seperti dilansir oleh Al Jazeera.

Pada usia ke-91, ia telah mencapai prestasi luar biasa dalam perkembangan Uni Soviet dan kontribusinya terhadap perdamaian dunia.

Semoga ulasan siapa tokoh pembaharu uni soviet apa yang dilakukannya, dapat bermanfaat bagi semua.

Terimakasih,