Jelaskan Faktor Penyebab Bangsa Barat Datang ke Indonesia, Berikut Penyebab Utamanya !

Avatar
Jelaskan Faktor Penyebab Bangsa Barat Datang ke Indonesia, Berikut Penyebab Utamanya !
Jelaskan Faktor Penyebab Bangsa Barat Datang ke Indonesia, Berikut Penyebab Utamanya !
Shampo Penumbuh Rambut

KITA HEBAT – Kali ini kita akan membahas soal jelaskan faktor penyebab bangsa barat datang ke indonesia.

Pada abad ke 15-16 silam banyak banyak bangsa barat yang datang ke Indonesia dengan motif berdagang.

Pemutih Kulit

Pada awalnya perdagangan tersebut terjadi dengan lancar, namun ternyata banyak faktor penyebab bangsa barat datang ke indonesia.

Ada beberapa faktor yang mendorong bangsa Barat untuk datang ke Indonesia pada berbagai periode sejarah.

Kemeja Blouse

Mau tau apa saja faktor penyebab bangsa barat datang ke indonesia ?

Penyebab Bangsa Barat Datang ke Indonesia

Berikut adalah beberapa faktor utama yang menjadi penyebab bangsa barat datang ke Indonesia, diantaranya adalah :

Jatuhnya Konstantinopel

Jatuhnya Konstantinopel pada tahun 1453 kepada Kesultanan Utsmaniyah oleh Sultan Mehmed II memiliki dampak besar terhadap jalur perdagangan rempah-rempah yang menghubungkan Timur dan Eropa.

Konstantinopel, yang sekarang dikenal sebagai Istanbul, terletak di posisi geografis yang strategis sebagai pusat perdagangan dan jalur utama antara Eropa dan Timur Tengah.

Sebelum jatuhnya Konstantinopel, jalur perdagangan rempah-rempah dari Timur Tengah menuju Eropa melibatkan sejumlah perantara dan rute yang panjang.

Namun, setelah Kesultanan Utsmaniyah merebut Konstantinopel, kontrol atas jalur-jalur perdagangan tersebut menjadi lebih langsung dan efisien.

Hal ini memberikan kesempatan bagi Utsmaniyah untuk mengontrol akses terhadap rempah-rempah yang berasal dari wilayah-wilayah Timur, seperti India dan Indonesia.

Dengan menguasai jalur perdagangan yang lebih langsung, Kesultanan Utsmaniyah dapat menetapkan tarif dan kontrol lebih ketat terhadap pasokan rempah-rempah yang masuk ke Eropa.

Dalam kondisi tersebut, para pedagang Eropa dihadapkan pada biaya tambahan dan keterbatasan akses, yang akhirnya menyebabkan kenaikan harga rempah-rempah di pasar Eropa.

Perang Salib

Perang Salib merupakan konflik berskala besar dengan latar belakang agama yang terjadi di Asia Barat dan Eropa selama periode abad ke-11 hingga abad ke-17, yang mendapatkan dukungan langsung dari Gereja Katolik.

Perang yang melibatkan hampir seluruh masyarakat Eropa, Arab, dan Turki Seljuk ini berlangsung selama lebih dari 200 tahun dan terbagi menjadi tujuh periode peperangan yang berbeda.

Pihak Kristen menyebutnya sebagai Perang Salib, sementara pihak Islam menyebutnya sebagai Perang Suci.

Perebutan kota Yerusalem menjadi salah satu pemicu utama dari konflik ini.

Sumber Daya Alam

Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah, seperti rempah-rempah, kayu, dan hasil bumi lainnya.

Pada abad ke-15 dan 16, bangsa Eropa, terutama bangsa Portugis dan Spanyol, mencari jalur perdagangan ke Timur untuk mendapatkan keuntungan dari sumber daya alam yang berlimpah di Indonesia.

Ekspansi Kolonial

Pada abad ke-17 hingga ke-20, negara-negara Eropa seperti Belanda, Inggris, dan Portugis bersaing untuk menguasai wilayah di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Upaya kolonialisasi ini didorong oleh keinginan untuk menguasai wilayah baru, mengamankan sumber daya, dan mendapatkan keuntungan ekonomi.

Perdagangan

Jalur perdagangan laut yang strategis di Indonesia membuat negara-negara Eropa tertarik untuk mendominasi rute perdagangan internasional.

Hal ini terutama terjadi selama periode perdagangan rempah-rempah di mana Belanda dan Portugis bersaing untuk mengendalikan perdagangan rempah-rempah di Nusantara.

Misi Kristen

Ternyata selain aspek ekonomi dan politik, beberapa bangsa Eropa juga datang ke Indonesia dengan maksud menyebarkan agama Kristen.

Misi-misi agama ini memainkan peran penting dalam pembentukan hubungan antara bangsa Barat dan penduduk asli Indonesia.

Pusat Perdagangan Strategis

Beberapa daerah di Indonesia, seperti Malaka dan Batavia (sekarang Jakarta), merupakan pusat perdagangan strategis yang sangat diinginkan oleh bangsa Eropa.

Kontrol atas wilayah-wilayah ini memberikan keuntungan ekonomi dan militer yang besar.

Dengan kombinasi faktor-faktor ini, bangsa Barat datang ke Indonesia dengan tujuan ekonomi, politik, agama, dan strategis, yang pada akhirnya membentuk sejarah panjang hubungan antara Indonesia dan negara-negara Barat.

Itulah faktor penyebab bangsa barat datang ke indonesia, semoga bermanfaat.

KITA HEBAT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *