Pengelompokan atau Penggolongan Orang-Orang yang Memiliki Satu Keturunan Disebut dengan ?

Avatar
Pengelompokan atau Penggolongan Orang-Orang yang Memiliki Satu Keturunan Disebut dengan ?
Gambar Ilustrasi Pengelompokan atau Penggolongan Orang-Orang yang Memiliki Satu Keturunan
Shampo Penumbuh Rambut

KITA HEBAT – Tahukah kamu disebut apa pengelompokan atau penggolongan orang-orang yang memiliki satu keturunan ?

Pengelompokan atau penggolongan orang-orang yang memiliki satu keturunan disebut suku bangsa atau kelompok etnis.

Pemutih Kulit

Berikut adalah penjelasan dari soal pengelompokan atau penggolongan orang-orang yang memiliki satu keturunan disebut dengan suku bangsa atau etnis.

Suku bangsa, atau sering disebut sebagai kelompok etnik, merupakan suatu kategori manusia di mana anggotanya mengidentifikasi diri dengan sesama mereka, umumnya berdasarkan garis keturunan yang dianggap sama.

Kemeja Blouse

Identitas suku ditandai oleh pengakuan dari orang lain terhadap ciri khas kelompok tersebut, seperti kesamaan budaya, bahasa, agama, perilaku, dan ciri-ciri biologis.

Ciri-Ciri Suku Bangsa

Ketika seseorang menjadi bagian dari suatu suku bangsa, terlihat jelas adanya ciri-ciri khusus yang mencirikan identitas dan budaya mereka.

Long Tunik Shanghai

Etika individu dalam berinteraksi seringkali tercermin melalui simbol-simbol atau karakteristik tertentu, yang menjadi ekspresi perilaku sesuai dengan kekhasan suku bangsa tersebut.

Ciri-ciri ini dapat melibatkan aspek fisik, rasial, gerakan tubuh, ekspresi kebudayaan, nilai-nilai budaya, serta keyakinan keagamaan.

Seseorang yang lahir dalam lingkungan keluarga suku bangsa tertentu akan tumbuh dan hidup dengan merujuk pada kebudayaan suku bangsanya.

Orangtua dan keluarga menjadi penentu utama dalam merawat dan mendidik, membentuk individu agar sesuai dengan konsepsi kebudayaan yang diwariskan.

Menurut R. Narol, beberapa kriteria dapat digunakan untuk menentukan suatu bangsa:

  • Daerah yang Dibatasi oleh Satu Desa atau Lebih: Suatu bangsa umumnya memiliki wilayah yang dibatasi oleh satu desa atau lebih, menciptakan kesatuan sosial yang nyata.
  • Batas Politis dan Administratif: Daerah suku bangsa seringkali dibatasi oleh batas-batas politis dan administratif, mencerminkan organisasi masyarakat secara formal.
  • Rasa Identitas Penduduk: Identitas suku bangsa sering kali tercermin dalam batas daerahnya, dengan penduduk yang merasa memiliki identitas yang sama.
  • Satu Bahasa atau Logat Bahasa: Keberagaman bahasa dapat menjadi ciri suku bangsa, dengan warganya umumnya menggunakan satu bahasa atau logat bahasa yang khas.
  • Kesatuan Ekologi: Daerah suku bangsa dapat ditentukan oleh kesatuan ekologi, mencakup faktor-faktor geografis dan alam yang memengaruhi kehidupan mereka.
  • Pengalaman Sejarah yang Sama: Anggota suku bangsa seringkali memiliki pengalaman sejarah yang mirip, menciptakan ikatan sejarah yang kuat di antara mereka.
  • Frekuensi Interaksi Tinggi: Masyarakat suku bangsa cenderung berinteraksi secara intensif, memperkuat solidaritas dan kebersamaan.
  • Susunan Sosial yang Seragam: Struktur sosial suku bangsa dapat ditandai dengan keseragaman, di mana anggota masyarakat memiliki peran dan tanggung jawab yang serupa.

Itulah pembahasan dari pengelompokan atau penggolongan orang-orang yang memiliki satu keturunan.

Semoga bermanfaat.