Jelaskan tentang Stabilitas Pengamanan Pada Masa Orde Baru, Orde Lama dan Reformasi

Avatar
Jelaskan tentang Stabilitas Pengamanan Pada Masa Orde Baru, Orde Lama dan Reformasi
Gambar Ilustrasi tentang Stabilitas Pengamanan Pada Masa Orde Baru
Shampo Penumbuh Rambut

KITA HEBAT – Tahukah kamu tentang stabilitas pengamanan pada masa orde baru ?

Jika belum Kita Hebat akan memberikan jawaban soal jelaskan tentang stabilitas pengamanan pada masa orde baru secara akurat.

Pemutih Kulit

Ikuti terus pembahasan tentang jelaskan tentang stabilitas pengamanan pada masa orde baru agar kamu tidak ketinggalan.

Orde lama, orde baru dan reformasi memiliki perbedaan yang signifikan jika dilihat dari tingkat stabilitas pengamanan ekonomi ataupun politik.

Kemeja Blouse

Apa saja perbedaan tersebut ?

Stabilitas Keamanan Pada Orde Lama, Orde Baru dan Reformasi

Berikut adalah jawaban dari soal jelaskan tentang stabilitas pengamanan pada masa orde baru, namun sebelum itu simak penjelasan berikut ini.

Orde Lama

  1. Politik Stabilitas politik pada masa demokrasi liberal kurang terjamin karena terdapat terlalu banyak partai politik yang berusaha mencapai kepentingan politik masing-masing. Pada era demokrasi terpimpin, stabilitas meningkat karena pemerintahan langsung oleh Presiden Soekarno bersifat otoriter. Pada akhir Orde Lama, terjadi goncangan politik akibat peristiwa G 30 S.
  2. Ekonomi Keadaan ekonomi tidak stabil karena negara masih dalam tahap muda, dengan tingkat inflasi yang tinggi dan industri yang belum matang.
  3. Keamanan Stabilitas keamanan kurang terjaga karena militer mulai terlibat dalam politik, dan terdapat perpecahan antara Angkatan Darat dan Angkatan Udara. Pada akhir periode ini, konflik antara Angkatan Darat dan PKI menciptakan ketidakstabilan keamanan.

Orde Baru

  1. Politik Stabilitas politik meningkat karena Presiden Soeharto menerapkan pemerintahan yang totalistik. Kekuasaan politik sepenuhnya berada di tangan presiden, sementara partai politik disederhanakan menjadi 3 yang tidak banyak bergerak dalam manuver politik.
  2. Ekonomi Stabilitas ekonomi tercapai karena fokus pada pembangunan ekonomi, dengan perkembangan yang kuat di sektor pertanian, pangan, dan industri. Namun, terdapat risiko tingginya hutang luar negeri dan maraknya korupsi di belakang prestasi tersebut.
  3. Keamanan Keamanan stabil karena mantan militer, Presiden Soeharto, berhasil mengonsolidasikan kekuatan militer sebagai kekuatan pertahanan yang dihormati. Tingkat kejahatan menurun karena terjaminnya keamanan, meskipun terdapat dugaan pelanggaran HAM oleh rezim Orde Baru.

Reformasi

  1. Politik Stabilitas politik kurang terjaga akibat penguatan demokrasi. Setelah era Orde Baru yang otoriter, munculnya banyak partai baru mencerminkan euforia demokrasi. Meskipun ini mencerminkan kebebasan berserikat, tetapi banyak partai yang berusaha bermanuver politik demi kepentingan masing-masing.
  2. Ekonomi Relatif stabil. Stabilitas ekonomi tercapai karena peningkatan pendidikan masyarakat. Pendidikan yang baik meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat.
  3. Keamanan Cukup stabil. Tentara tidak lagi terlibat dalam politik dan fokus pada tugas keamanan. Penguatan pertahanan dan alutsista dilakukan melalui peningkatan dana dari APBN.

Itulah jawaban dari soal jelaskan tentang stabilitas pengamanan pada masa orde baru, bagaimana apakah ulasan diatas membantumu ?

Semoga bermanfaat ya, Terimakasih.