Jelaskan Alasan Diadakannya Referendum Di Timor Timur, Inilah Alasannya !

Avatar
Jelaskan Alasan Diadakannya Referendum Di Timor Timur, Inilah Alasannya !
Gambar Ilustrasi Jelaskan Alasan Diadakannya Referendum Di Timor Timur
Shampo Penumbuh Rambut

KITA HEBAT – Tolong jelaskan alasan diadakannya referendum di timor timur.

Menjawab soal jelaskan alasan diadakannya referendum di timor timur yang banyak dicari oleh siswa.

Pemutih Kulit

Inilah referensi jawaban dari soal jelaskan alasan diadakannya referendum di timor timur.

Referendum adalah sebuah proses atau mekanisme di mana penduduk suatu wilayah atau negara diberikan kesempatan untuk memberikan suara atau mengeluarkan pendapat mereka tentang suatu isu atau keputusan tertentu.

Kemeja Blouse

Dalam referendum, masyarakat umumnya diminta untuk memberikan suara “ya” atau “tidak” terhadap suatu pertanyaan atau pernyataan tertentu yang diajukan oleh pemerintah atau otoritas yang berwenang.

Alasan Diadakannya Referendum Di Timor Timur

Alasan utama diadakannya referendum di Timor Timur bersumber dari desakan internasional, khususnya dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan pemerintah Australia.

Kedua entitas tersebut mendesak Pemerintah Indonesia agar segera menyelesaikan isu terkait status Timor Timur di dalam wilayah Indonesia.

Sebagai respons terhadap desakan tersebut, diambil keputusan untuk menyelenggarakan sebuah referendum.

Konteks Keputusan Presiden Habibie

Konteks lebih lanjut menunjukkan bahwa sebelumnya, Presiden Habibie telah menyampaikan berbagai pernyataan yang merinci bahwa biaya yang dikeluarkan untuk mendukung provinsi tersebut tidak sebanding dengan manfaat yang diperoleh oleh Indonesia.

Melalui analisis untung-rugi ini, dipandang bahwa solusi yang paling rasional adalah memberikan opsi demokratis kepada provinsi yang bukan bagian dari wilayah asli Indonesia sejak kemerdekaan pada tahun 1945.

Opsi ini, selaras dengan program demokratisasi yang diperjuangkan oleh Presiden Habibie pasca era Presiden Soeharto.

Sebagai tindak lanjut dari permintaan tersebut, PBB memediasi pertemuan antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Portugal (yang sebelumnya memiliki kontrol atas Timor Timur sebagai otoritas kolonial).

Hasil pertemuan ini, yang disepakati pada 5 Mei 1999, adalah “Persetujuan antara Republik Indonesia dan Republik Portugis tentang Masalah Timor Timur.”

Persetujuan ini merinci pelaksanaan referendum yang diminta, di mana penduduk Timor Timur akan menentukan apakah tetap menjadi bagian dari Indonesia sebagai Daerah Otonomi Khusus atau memilih untuk berpisah dari Indonesia.

Rincian Otonomi Khusus

Referendum ini diorganisir dan dipantau oleh UNAMET, melibatkan partisipasi 450.000 orang yang terdaftar untuk memberikan suara, termasuk 13.000 orang di luar Timor Timur.

Sebagai opsi tambahan, diberikan usulan mengenai otonomi khusus yang mencakup pembentukan “Daerah Otonomi Khusus Timor Timur” (DOK Timor Timur) di bawah negara kesatuan Republik Indonesia.

Dalam kerangka konstitusi untuk otonomi khusus ini, dibentuk lembaga-lembaga seperti cabang eksekutif dengan gubernur yang dipilih oleh dewan legislatif, dewan penasehat, cabang legislatif (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah), peradilan independen termasuk pengadilan negeri, pengadilan banding, pengadilan banding akhir, kantor jaksa penuntut umum, dan kepolisian daerah.

Meskipun demikian, pemerintah Indonesia tetap memegang kendali atas pertahanan, hukum ketenagakerjaan, kebijakan ekonomi dan fiskal, serta hubungan luar negeri, sementara hukum Indonesia tetap berlaku di wilayah tersebut.

Otonomi ini memberikan kewenangan kepada pemerintah daerah atas hal-hal yang tidak ditangani oleh pemerintah Indonesia, termasuk hak untuk mengadopsi lambang sebagai simbol identitas dan mengatur hak kepemilikan tanah.

Terdapat juga kemungkinan adopsi kode sipil tradisional. Selain itu, DOK Timor Timur diberi hak untuk berpartisipasi dalam organisasi budaya dan olahraga di mana entitas non-negara lain juga berpartisipasi.

Semoga jawaban dari soal jelaskan alasan diadakannya referendum di timor timur bermanfaat bagi sahabat semua.

Terimakasih.