Terjawab ! Jelaskan tentang Identitas Kelompok yang Terbentuk secara Sosial

Avatar
Terjawab ! Jelaskan tentang Identitas Kelompok yang Terbentuk secara Sosial
jelaskan tentang identitas kelompok yang terbentuk secara sosial
Shampo Penumbuh Rambut

KITA HEBAT – Tolong jelaskan tentang identitas kelompok yang terbentuk secara sosial.

Soal merupakan cara yang digunakan tenaga pendidik untuk menyampaikan pesan penting kepada siswa, termasuk soal jelaskan tentang identitas kelompok yang terbentuk secara sosial.

Pemutih Kulit

Berikut adalah informasi lengkap dari soal jelaskan tentang identitas kelompok yang terbentuk secara sosial.

Identitas kelompok identik pada informasi yang menggambarkan atribut, karakteristik, atau kualitas dari sebuah kelompok.

Kemeja Blouse

Beberapa contoh identitas kelompok meliputi: nama kelompok, tujuan atau misi kelompok, jumlah anggota kelompok, latar belakang anggota kelompok (agama, ras, jenis kelamin, dll.), aksi atau proyek yang pernah dilakukan oleh kelompok, serta nilai atau prinsip yang dipegang oleh kelompok.

Pengertian Identitas Kelompok

Kelompok sosial identik pada kumpulan individu-individu yang memiliki interaksi sosial yang terorganisir dan saling terkait satu sama lain.

Kelompok ini dibentuk oleh hubungan-hubungan sosial, norma-norma, nilai-nilai bersama, serta tujuan-tujuan yang dapat memengaruhi perilaku anggotanya.

Keanggotaan dalam kelompok sosial dapat berasal dari berbagai aspek, seperti faktor etnis, agama, jenis kelamin, usia, atau kepentingan bersama.

Kelompok sosial dapat dibedakan menjadi dua jenis utama:

Kelompok Primer:

Merupakan kelompok yang bersifat lebih intim dan memiliki interaksi yang lebih langsung antara anggotanya.

Keluarga dan teman dekat adalah contoh kelompok primer yang umumnya memiliki pengaruh yang kuat terhadap pembentukan identitas individu.

Kelompok Sekunder:

Merupakan kelompok yang memiliki interaksi yang lebih formal dan bersifat lebih luas, tetapi mungkin kurang intim.

Organisasi, sekolah, atau kelompok kerja adalah contoh kelompok sekunder yang memiliki struktur dan tujuan yang lebih terfokus.

Keberadaan kelompok sosial membantu memenuhi kebutuhan sosial individu, memberikan dukungan emosional, serta memainkan peran dalam pembentukan nilai-nilai dan norma-norma yang diterima dalam masyarakat.

Interaksi di dalam kelompok sosial juga dapat memengaruhi identitas individu dan membentuk struktur sosial yang kompleks dalam suatu masyarakat.

Contoh Identitas Kelompok yang Terbentuk Secara Sosial

Berikut adalah beberapa contoh identitas kelompok yang terbentuk secara sosial:

Kelompok Etnis

Kelompok yang terdiri dari orang-orang dengan latar belakang etnis yang sama, seperti kelompok orang Cina atau kelompok orang India.

Kelompok Agama

Kelompok yang terdiri dari orang-orang yang berbagi keyakinan agama yang sama, contohnya kelompok orang Kristen atau kelompok orang Muslim.

Kelompok Ras

Kelompok yang terdiri dari orang-orang dengan ras yang sama, seperti kelompok orang kulit hitam atau kelompok orang kulit putih.

Kelompok Jenis Kelamin

Kelompok yang terdiri dari orang-orang dengan jenis kelamin yang sama, contohnya kelompok laki-laki atau kelompok perempuan.

Kelompok Usia

Kelompok yang terdiri dari orang-orang dengan rentang usia yang sama atau sangat berdekatan, seperti kelompok anak-anak atau kelompok orang tua.

Kelompok Pekerjaan

Kelompok yang terdiri dari orang-orang yang bekerja di bidang atau memiliki profesi yang sama, seperti kelompok dokter atau kelompok guru.

Kelompok Hobi

Kelompok yang terdiri dari orang-orang yang memiliki hobi yang sama, seperti kelompok penggemar olahraga atau kelompok penggemar musik.

Semoga bermanfaat.

KITA HEBAT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *