Apakah Bedanya Nasi Putih dengan Nasi Shirataki ? Ketahui Bentuk, Kandungan dan Manfaatnya

Avatar
Apakah Bedanya Nasi Putih dengan Nasi Shirataki ? Ketahui Bentuk, Kandungan dan Manfaatnya
Gambar Ilustrasi Apakah Bedanya Nasi Putih dengan Nasi Shirataki
Shampo Penumbuh Rambut

MEJA PINTAR – Halo sahabat berjumpa lagi dengan Meja Pintar, sekarang kita akan membahas apakah bedanya nasi putih dengan nasi shirataki.

Ternyata masih banyak sahabat yang kesulitan menjelaskan tentang apakah bedanya nasi putih dengan nasi shirataki.

Pemutih Kulit

Maka dari itu Meja Pintar berinisiatif memberikan referensi jawaban dari pertanyaan bedanya nasi putih dengan nasi shirataki.

Nasi merupakan makanan pokok yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari banyak orang.

Kemeja Blouse

Namun, dengan berbagai pilihan yang tersedia, seperti nasi putih dan nasi shirataki, seringkali kita bingung untuk memilih yang terbaik sesuai dengan kebutuhan tubuh kita.

Nasi shirataki adalah jenis nasi yang terbuat dari bahan dasar umbi-umbian, seperti konjac. Nasi ini rendah karbohidrat dan kalori, sehingga cocok untuk orang yang sedang menjalani diet rendah karbohidrat atau diet rendah kalori.

Long Tunik Shanghai

Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi perbedaan antara nasi putih dan nasi shirataki dari segi kandungan nutrisi, manfaat, dan bagaimana masing-masing dapat memengaruhi tubuh kita.

Bentuk dan Kandungan Nutrisi Nasi Putih dan Shirataki

Nasi Shirataki

Nasi shirataki memiliki bentuk yang sangat mirip dengan nasi putih biasa, tetapi warnanya lebih bening.

Shirataki memiliki tekstur yang agak kenyal dan transparan. Karena itu, nasi shirataki sering digunakan sebagai pengganti nasi biasa dalam hidangan.

Kandungan kalori dan karbohidrat dalam nasi shirataki sangat rendah karena terbuat dari akar konjak yang mengandung serat unik bernama glukomanan.

Sebagai contoh, 85 gram nasi shirataki tidak mengandung kalori, dan dalam produksi, makanan yang mengandung kurang dari 5 kalori per sajian bisa disebut 0 kalori.

Nasi Putih

Dalam 100 gram nasi putih terkandung 123 kalori dan 30 gram karbohidrat. Sayangnya, jumlah serat dalam nasi putih sangat sedikit (hanya 0,9 gram).

Hal ini membuat nasi putih memiliki indeks glikemik yang tinggi (yaitu 64), sehingga karbohidrat dalam nasi putih diubah menjadi gula darah lebih cepat dibandingkan dengan nasi cokelat.

Manfaat Kesehatan

Nasi Shirataki

Glukomanan dalam nasi shirataki dapat menjadi pelindung lapisan usus dan membantu kita merasa kenyang lebih lama. Oleh karena itu, nasi shirataki sangat cocok untuk mereka yang ingin menjalani diet rendah kalori.

Nasi Putih

Meskipun nasi putih sering dihubungkan dengan risiko diabetes tipe 2, sebenarnya nasi putih juga merupakan sumber vitamin B dan zat besi yang baik. Selain itu, kita bisa memperoleh zat gizi seperti mangan dan magnesium dari nasi putih.

Faktor Aktivitas Fisik

Orang dengan aktivitas fisik yang tinggi cenderung lebih memilih nasi putih karena karbohidratnya memberikan energi lebih cepat.

Namun, bagi mereka yang ingin menjaga berat badan atau mengurangi asupan kalori, nasi shirataki bisa menjadi pilihan yang lebih baik karena kandungan kalorinya yang rendah.

Kesimpulan

Baik nasi shirataki maupun nasi putih memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihan tergantung pada kebutuhan dan kondisi tubuh kita.

Penting untuk memahami kandungan nutrisi dan manfaat kesehatan dari masing-masing jenis nasi ini agar kita dapat membuat pilihan yang tepat sesuai dengan gaya hidup dan tujuan kesehatan kita.

Jadi apakah sahabat sudah tau apa bedanya nasi putih dengan nasi shirataki ? Semoga bermanfaat ya.