Apakah Kamu Tahu yang Dimaksud dengan Seikeirei Jelaskan ! Cek Jawabannya Disini

Avatar
Apakah Kamu Tahu yang Dimaksud dengan Seikeirei Jelaskan ! Cek Jawabannya Disini
Gambar Ilustrasi Apakah Kamu Tahu yang Dimaksud dengan Seikeirei Jelaskan
Shampo Penumbuh Rambut

MEJA PINTAR – Halo sahabat, apakah kamu tahu yang dimaksud dengan seikeirei jelaskan ?

Soal apakah kamu tahu yang dimaksud dengan seikeirei jelaskan terdapat pada pelajaran sejarah sekolah menengah atas.

Pemutih Kulit

Jika kamu kesulitan mengerjakan soal apakah kamu tahu yang dimaksud dengan seikeirei jelaskan, mari kita simak bersama ulasan berikut ini.

Seikeirei merupakan suatu bentuk penghormatan yang ditujukan kepada dewa matahari dalam kepercayaan agama Shinto di Jepang.

Kemeja Blouse

Cara melakukan seikeirei adalah dengan membungkukkan badan menghadap arah di mana matahari pertama kali menampakkan diri di pagi hari.

Sejarah Singkat Seikeirei

Tradisi seikeirei memiliki akar dalam agama Shinto, di mana penghormatan terhadap dewa matahari dianggap sebagai suatu ajaran yang penting. Saat Jepang menguasai Indonesia pada masa Perang Dunia II, tradisi ini diadopsi dan diharapkan agar warga Indonesia melaksanakannya sebagai bentuk penghormatan terhadap kebijakan Jepang.

Dalam konteks sejarah, saat kedatangan Jepang di Indonesia, terjadi perlawanan dari pribumi yang menentang penguasaan Jepang di berbagai daerah.

Salah satu tokoh yang memimpin perlawanan tersebut adalah KH Zainal Mustafa, yang menolak untuk melaksanakan seikeirei.

Sebagai respons, Nippon merusak pesantren kecil di Sukamanah, Singaparna, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Agama Shinto sendiri telah ditetapkan sebagai agama negara di Jepang oleh Kaisar Meiji. Ajaran Shinto mengajarkan bahwa Kaisar Jepang adalah keturunan dari dewa matahari bernama Amaterasu, yang diyakini tinggal di puncak Gunung Fujiyama.

Oleh karena itu, Gunung Fujiyama dianggap sangat dihormati oleh masyarakat Jepang.

Ketika Jepang menduduki Indonesia, mereka mengusir penjajah Belanda dan menganggap diri mereka sebagai “saudara tua” yang bersedia membantu Indonesia. Meskipun masyarakat Indonesia menyambut kedatangan Jepang dengan sukacita, niat sebenarnya Jepang adalah melatih militer para pemuda untuk membantu Jepang dalam menghadapi Sekutu dan musuh-musuhnya.

Kebijakan Jepang dalam Menuntut Pendidikan

Selama pendudukan Jepang, rakyat Indonesia diberikan kesempatan untuk menuntut ilmu, berbeda dengan masa penjajahan Belanda yang melarang rakyat pribumi bersekolah.

Namun, syaratnya adalah siswa harus menggunakan bahasa Jepang sebagai bahasa pengantar. Jepang juga mewajibkan pengibaran bendera Jepang bersamaan dengan Sang Saka Merah Putih, dan lagu Indonesia Raya boleh diperdengarkan di muka umum, tetapi setelah itu, lagu Kimigayo, lagu kebangsaan Jepang, juga harus diperdengarkan.

Salah satu aspek yang ditolak oleh para ulama Islam adalah pemaksaan untuk melakukan seikeirei, yaitu penghormatan kepada dewa matahari, yang diwajibkan oleh Jepang pada upacara pagi.

Nah itulah pembahasan singkat dari soal apakah kamu tahu yang dimaksud dengan seikeirei jelaskan, Semoga bermanfaat.

Terimakasih.