Apa yang Menyebabkan Terjadinya Sengketa Batas Wilayah ? Berikut Penjelasannya

Avatar
Apa yang Menyebabkan Terjadinya Sengketa Batas Wilayah ? Berikut Penjelasannya
Gambar IlustrasiApa yang Menyebabkan Terjadinya Sengketa Batas Wilayah
Shampo Penumbuh Rambut

MEJA PINTAR – Kali ini kita akan membahas tentang apa yang menyebabkan terjadinya sengketa batas wilayah.

Pertanyaan apa yang menyebabkan terjadinya sengketa batas wilayah ini akan kamu temukan pada materi PPKn kelas X SMA.

Pemutih Kulit

Agar kamu tidak kesulitan mencari informasi jawaband dari soal apa yang menyebabkan terjadinya sengketa batas wilayah, simak penjelasan berikut ini sampai selesai.

Batas wilayah memang area yang sering terjadi konflik, dimana antara masyarakat perbatasan mengalami perbedaan atau kesenjangan dalam perekonomian.

Kemeja Blouse

Selain itu wilayah perbatasan terkadang menjadi tempat paling tertinggal di negara tersebut, mengapa begitu ? Simak sampai selesai artikel berikut.

Apa yang Dimaksud dengan Sengketa Batas Wilayah?

Sengketa batas wilayah adalah pertikaian atau ketidaksepakatan mengenai kepemilikan atau kendali atas suatu daerah antara dua atau lebih negara. Umumnya, sengketa perbatasan muncul karena perbedaan pandangan tentang batas wilayah masing-masing negara.

Contohnya adalah sengketa Blok Ambalat pada tahun 1979, yang timbul karena Indonesia dan Malaysia memiliki persepsi yang berbeda mengenai posisi Ambalat. Pada 27 Oktober 1969, ditandatangani perjanjian Tapal Batas Landas Kontinen Indonesia-Malaysia yang menyatakan bahwa Blok Ambalat merupakan milik Indonesia.

Namun, konflik antara Indonesia dan Malaysia memanas setelah Malaysia memutuskan untuk mengabaikan perjanjian tersebut pada tahun 1979 dengan memasukkan blok maritim Ambalat ke dalam peta wilayah mereka tanpa persetujuan Indonesia.

Tindakan tersebut tentu saja ditolak oleh Indonesia dan beberapa negara lainnya, seperti Filipina, Singapura, Vietnam, China, Thailand, dan Inggris. Sengketa Blok Ambalat berlangsung cukup lama, hingga akhirnya diselesaikan pada tahun 2009.

Pada waktu itu, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Perdana Menteri Malaysia Abdullah Ahmad Badawi melakukan pertemuan. Dalam pertemuan tersebut, Indonesia dan Malaysia saling menjelaskan dasar hukum klaim mereka atas Blok Ambalat.

Akhirnya, berdasarkan UNCLOS 1982, Ambalat diakui sebagai wilayah Indonesia.

Apa yang Menyebabkan Terjadinya Sengketa Batas Wilayah ?

1. Dilema Masyarakat Perbatasan

Masyarakat yang tinggal di wilayah perbatasan seringkali menghadapi dilema yang kompleks, di mana sistem kehidupan mereka terpengaruh oleh kebijakan dan dinamika negara tetangga.

Faktor utama yang memengaruhi dilema ini ternyata adalah kondisi ekonomi. Masyarakat perbatasan sering kali menjadi sasaran pengaruh ekonomi dari negara-negara yang berbatasan dengannya.

2. Perjanjian Batas Wilayah yang Kurang Jelas

Salah satu penyebab utama sengketa batas wilayah adalah keberadaan perjanjian batas yang tidak tegas. Ketidakjelasan perjanjian batas wilayah antara negara-negara yang berbagi perbatasan menjadi pendorong utama bagi klaim wilayah yang saling bertentangan.

Khususnya, daerah-daerah yang kaya akan sumber daya alam (SDA) sering kali menjadi titik fokus konflik teritorial akibat kekurangan kejelasan dalam perjanjian batas.

3. Kurangnya Pengawasan

Kurangnya pengawasan terhadap wilayah adalah faktor lain yang berkontribusi terhadap terjadinya sengketa wilayah. Terutama untuk negara yang memiliki perairan yang luas dan ribuan pulau, menjaga keamanan dan keutuhan wilayah merupakan tantangan yang kompleks.

Untuk mengatasi hal ini, pemerintah perlu meningkatkan tingkat pengawasan di wilayah Indonesia, baik secara darat maupun laut, guna memastikan keamanan dan kedaulatan wilayah tetap terjaga dengan baik.

Pertanyaan Umum tentang Sengketa Batas Wilayah

1. Apa yang dimaksud dengan sengketa batas wilayah?

Sengketa batas wilayah adalah perselisihan atau konflik antara dua atau lebih entitas terkait penentuan atau perubahan batas administratif antara wilayah-wilayah yang berdekatan.

2. Apa yang bisa menyebabkan terjadinya sengketa batas wilayah?

Sengketa batas wilayah dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk:

  • Ketidakjelasan dalam sejarah: Sejarah yang tidak jelas atau berubah-ubah dapat menyebabkan interpretasi yang berbeda tentang batas-batas wilayah.
  • Ketidaksetaraan kekuatan: Ketidaksetaraan dalam kekuatan politik atau militer antara pihak-pihak yang terlibat sering kali menjadi pemicu sengketa.
  • Sumber daya alam: Wilayah yang kaya akan sumber daya alam seperti minyak, gas, atau hasil alam lainnya dapat menjadi sumber konflik antara negara atau entitas lain.
  • Perubahan politik: Perubahan politik di tingkat nasional atau internasional bisa memicu upaya untuk merevisi batas-batas wilayah.
  • Identitas budaya atau etnis: Konflik antara kelompok-kelompok etnis atau budaya yang berbeda sering kali mencakup perselisihan tentang batas wilayah.

3. Bagaimana sengketa batas wilayah dapat diatasi?

Penyelesaian sengketa batas wilayah bisa melalui berbagai cara, termasuk:

  • Negosiasi diplomatik: Negosiasi langsung antara pihak-pihak yang terlibat dengan mediator atau lembaga internasional.
  • Arbitrase internasional: Penyelesaian melalui proses arbitrase yang diakui secara internasional.
  • Penentuan hukum: Pengajuan kasus ke pengadilan internasional atau pengadilan regional yang memiliki yurisdiksi atas sengketa tersebut.
  • Persetujuan bilateral: Kesepakatan langsung antara pihak-pihak yang terlibat untuk menetapkan batas-batas wilayah.

4. Apa dampaknya bagi masyarakat yang tinggal di wilayah yang bersengketa?

Sengketa batas wilayah dapat memiliki dampak yang signifikan bagi masyarakat yang tinggal di wilayah yang bersengketa, termasuk ketidakpastian hukum, gangguan ekonomi, dan bahkan konflik bersenjata. Hal ini juga dapat menghambat pembangunan ekonomi dan sosial di wilayah tersebut.

5. Bagaimana peran pemerintah dalam menyelesaikan sengketa batas wilayah?

Pemerintah memiliki tanggung jawab untuk melindungi wilayah negara dan kepentingan masyarakatnya. Ini termasuk penegakan hukum dan kebijakan luar negeri yang mendorong penyelesaian damai sengketa batas wilayah.

Itulah jawaban terkait soal apa yang menyebabkan terjadinya sengketa batas wilayah, semoga bermanfaat.