Jelaskan Apa yang Dimaksud dengan Pukulan Forehand, Bagaimana Cara Melakukannya

Avatar
Jelaskan Apa yang Dimaksud dengan Pukulan Forehand, Bagaimana Cara Melakukannya
Gambar Ilustrasi Apa yang Dimaksud dengan Pukulan Forehand
Shampo Penumbuh Rambut

MEJA PINTAR – Menjawab soal jelaskan apa yang dimaksud dengan pukulan forehand. Forehand adalah salah satu teknik pukulan dalam permainan bulutangkis, sahabat tau tidak apa yang dimaksud dengan pukulan forehand ?

Pukulan forehand adalah salah satu pukulan dalam olahraga bulu tangkis yang dilakukan dengan posisi tangan menghadap ke atas saat memegang raket.

Pemutih Kulit

Selain pukulan forehand ada juga pukulan backhand, menurut penelitian dalam buku “Mahir Bulu Tangkis” karya Hermawan Aksan (2012), keahlian dalam semua jenis pukulan sangat bergantung pada cara memegang raket.

Oleh karena itu, penting untuk mempelajari cara yang benar dalam memegang raket untuk melakukan pukulan Forehand dan Backhand.

Kemeja Blouse

Pengertian Pukulan Forehand dan Backhand

Forehand adalah pukulan yang dilakukan dengan tangan kanan dari arah kanan, sehingga bagian depan tangan menghadap ke arah pukulan. Pukulan Forehand dilakukan dengan telapak tangan yang memegang raket menghadap ke arah net.

Long Tunik Shanghai

Semua pukulan yang berasal dari arah kanan dapat dimasukkan ke dalam kategori ini. Posisi ibu jari dalam pukulan Forehand berada di antara telunjuk dan tiga jari lainnya.

Dalam keterampilan dasar bulu tangkis, cara memegang raket dengan posisi berjabat tangan disebut Forehand.

Keuntungan dari pukulan Forehand adalah membantu pemain dalam mengatasi shuttlecock yang datang ke sebelah kanan tubuh.

Sedangkan Backhand adalah pukulan yang berlawanan dengan Forehand, dengan tangan kanan berada di sisi kiri sehingga tangan menghadap ke belakang saat memukul.

Posisi ibu jari dalam cara memegang raket untuk Backhand mengikuti arah raket atau membentuk sudut 90 derajat dengan arah telunjuk.

Pukulan ini umumnya digunakan untuk Backhand clear, Backhand smash, Backhand net kill, Backhand drive, Backhand net shot, dan Backhand drop shot, serta semua pukulan yang dapat dilakukan dari arah Backhand.

Keuntungan dari pegangan ini adalah hasil pukulan yang sulit ditebak karena kekuatannya serta dapat dikendalikan dengan baik.

Perbedaan Forehand dan Backhand

Perbedaan antara Forehand dan Backhand dalam servis juga bisa diterapkan untuk membedakan jenis servis dalam bulu tangkis. Servis Forehand memiliki dua jenis, yaitu tinggi atau rendah, tergantung pada tujuan akhir titik jatuhnya shuttlecock di lapangan lawan.

Servis Forehand rendah ditujukan untuk menyasar garis depan lapangan lawan dekat net, sementara servis Forehand tinggi membuat shuttlecock melambung menuju garis belakang lapangan lawan.

Di sisi lain, dalam servis Backhand, posisi telapak tangan menghadap ke belakang saat pemain melepaskan pukulan.

Teknik servis ini membutuhkan kendali yang baik terhadap kekuatan saat memukul shuttlecock, dengan fokus pada gerakan pergelangan tangan.

Kekuatan pukulan ini akan memengaruhi akurasi servis yang diarahkan ke lapangan lawan.

Cara Memegang Raket untuk Forehand

  1. Ambil raket dengan tangan kiri, dengan kepala raket menghadap ke samping. Pegangan raket harus seperti saat berjabat tangan, dengan tangan membentuk huruf “V” pada gagang raket.
  2. Gunakan tiga jari, yaitu jari tengah, jari manis, dan kelingking untuk menggenggam raket, sementara jari telunjuk sedikit terpisah.
  3. Letakkan ibu jari di antara tiga jari tersebut dan jari telunjuk.

Cara Memegang Raket untuk Backhand

Untuk pukulan Backhand, geser posisi “V” tangan ke arah dalam, di samping pegangan raket. Bantalan jempol harus berada di atas pegangan raket yang lebar.

Beberapa Kesalahan Umum yang Sering Terjadi:

  • Memegang raket dengan cara menggenggam, dengan jari-jari rapat dan sejajar.
  • Posisi “V” tangan berada pada bagian grip raket yang lebar.

Teknik memegang raket dengan benar dapat diibaratkan sebagai awalan yang baik dalam balapan. Perbedaan antara pukulan Forehand dan Backhand dalam bulu tangkis terletak pada posisi tangan saat memukul shuttlecock.

Nah itulah pembahasan tentang soal jelaskan apa yang dimaksud dengan pukulan forehand, semoga bermanfaat.