Apa yang Dimaksud Dengan Four Ps Of Marketing Serta Fungsinya

Avatar
Apa yang Dimaksud Dengan Four Ps Of Marketing Serta Fungsinya
Gambar Ilustrasi Apa yang Dimaksud Dengan Four Ps Of Marketing Serta Fungsinya

MEJA PINTAR – Apa yang dimaksud dengan Four PS Of Marketing ? Mungkin sahabat sedang bertanya-tanya tentang apa yang dimaksud dengan four ps of marketing.

Disini Meja Pintar akan membantu sahabat semua menjelaskan apa yang dimaksud four ps of marketing.

Kita semua tau bahwa setiap menjalankan suatu  bisnis kita memerlukan suatu strategi agar produk yang kita jual laku dipasaran, strategi setiap orang atau perusahaan tidaklah sama, karena mereka melakukan riset berkali-kali untuk menentukan strategi yang akan digunakan

Disini saya akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan Four PS of marketing, Four PS of Marketing merupakan suatu strategi yang menggunakan marketing mix atau perpaduan dari beberapa komponen agar menghasilkan respon yang diinginkan oleh  pasar, komponen  tersebut meliputi  Produk(Produk),  Price( Harga), Place(Tempat) dan Promotion(Promosi).

Pengertian Marketing Mix Menurut Para Ahli

Pakar ekonomi telah menyampaikan definisi terkait dengan Marketing Mix, berikut adalah penjelasan para ahli mengenai Marketing mix

Soemarni dan Soeprihanto (2010), marketing mix merupakan  kombinasi variabel inti sistem pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi, dan distribusi oleh perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen.

Menurut Kotler Armstrong (1997),ย  Marketing mix merupakanย  perangkat pemasaran yang taktis dan dapat dikendalikan perusahaan. Unsur di dalamnya meliputi 4P yaitu produk, harga, tempat distribusi, dan promosi yang kemudian dipadukan oleh perusahaan untuk mencapai target market yangtelah ditentukan.

Gambar Ilustrasi Apa yang dimaksud dengan Four PS Of Marketing

Fungsi Marketing Mix

Marketing mix memberikan keuntungan bagi suatu perusahaan yang telah menerapkannya, adapun fungsi dari Marketing Mix adalah sebagai berikut:

1. Fungsi perantara

Setiap perusahaan menggunakan marketing untuk menghubungkan serangkaian aktivitas yang telah dilakukan oleh perusahaan  agar tersalurkan kepada konsumen, mulai daripromosi hingga transaksi

2. Fungsi Pertukaran 

Setelah perantara dilakukan dengan baik, konsumen atau pelanggan akan terikat dalam aktivitas transaksi dengan perusahaan yang pada akhirnya akan terjadi pertukaran atau disebut dengan aktivitas jual beli, pelanggan akan mengorbankan waktu dan uang untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan

3. Fungsi Distribusi fisik

Dari transaksi yang sudah dilakukan pastinya ada produksi yang berjalan, dan memerlukan distribusi untuk menyalurkan kepada pelanggan. Selain itu produksi juga digunakan untuk penyediaan stock perusahaan.

Four Ps Of Marketing

Dalam marketing tersebut terdapat 4 komponen penting yang tidak dapat dipisahkan dalam pemasaran, berikut adalah 4 komponen tersebut

Product (Produk)

Produk adalah  suatu barang yang dibutuhkan oleh konsumen, banyak sekali barang yang dijual dipasar maka dari itu pastikan kamu mengetahui target pasar yang ingin kamu tuju.

Lakukan riset secara mendalam tentang kebutuhan pelanggan atas produk yang kamu jual, dan lakukan secara bertahap dan konsisten.

Harga (Price)

Selanjutnya adalah penentuan harga karena harga merupakan hal yang sangat penting, penentuan harga dapat kamu tentukan dari tingkat kualitas dan juga kerumitan produk, selain itu kamu harus memperhatikan kelas sosial yang akan menjadi target sasaran produk yang kamu jual.

Tempat (Place)

Tempat adalah komponen penting dalam memasarkan produk, kamu harus menentukan tempat yang strategis agar menunjang dalam penjualan kamu, meski begitu sekarang banyak sekali yang menggunakan pasar online dalam transaksi jual beli, meski begitu kamu tetap membutuhkan tempat yang tepat agar produk kamu terjual laris, misalnya menggunakan facebook, TikTok ataupun lainnya

Promosi (Promotion)

Setelah kamu mengetahui pasar yang akan menjadi tujuan kamu berjualan, untuk menunjang penjualan yang akan kamu lakukan pasti kamu memerlukan promosi agar produk mu dikenal luas di masyarakat sehingga akan mengdongkrak penjualan kamu.

Proses promosi juga harus kamu sesuaikan dengan target yang akan kamu tuju, mulai dari usia,kelas sosial dan karakter kepribadian.

Itulah ulasan tentangย Apa yang Dimaksud Dengan Four Ps Of Marketing Serta Fungsinya, semoga dapat menambah wawasan untuk sahabat Meja Pintar.

Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *