Jelaskan 6 Dimensi Profil Pelajar Pancasila, Inilah Penjelasan Lengkapnya !

Avatar
Jelaskan 6 Dimensi Profil Pelajar Pancasila, Inilah Penjelasan Lengkapnya !
Jelaskan 6 Dimensi Profil Pelajar Pancasila, Inilah Penjelasan Lengkapnya !
Shampo Penumbuh Rambut

KITA HEBAT – Sekarang Kita Hebat akan membahas soal jelaskan 6 dimensi profil pelajar pancasila.

Dengan memahami soal jelaskan 6 dimensi profil pelajar pancasila, diharapkan siswa mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pemutih Kulit

Mari kita bahas bersama soal jelaskan 6 dimensi profil pelajar pancasila.

Profil Pelajar Pancasila merupakan rangkaian karakter dan keterampilan yang diharapkan dapat dikuasai oleh peserta didik.

Kemeja Blouse

Profil pelajar Pancasila mencakup ciri, karakter, dan kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik berdasarkan pada nilai-nilai luhur Pancasila.

Tujuan Profil Pelajar Pancasila

Berdasarkan informasi dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), tujuan dari profil pelajar Pancasila adalah:

  1. Menerjemahkan tujuan dan visi pendidikan ke dalam format yang lebih mudah dipahami.
  2. Menjadi pedoman bagi tenaga pendidik serta pelajar Indonesia.
  3. Menjadi tujuan akhir dari segala proses pembelajaran, program, dan kegiatan di satuan pendidikan.

Misalnya Sekolah Kesatuan School, Yogyakarta menggelar KBS Fest 2023 dengan tema “Shine the Light, Win the Might” pada tanggal 4 Februari 2023 sebagai bagian dari upaya penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Pelaksanaan profil pelajar Pancasila ini sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.

6 Dimensi Profil Pelajar Pancasila

Sesuai dengan buku “Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila” (2022) karya Nursalam dan Suardi, enam dimensi profil pelajar Pancasila dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Beriman, bertaqwa, berakhlak mulia.
  • Berkebinekaan global.
  • Mandiri.
  • Bergotong royong.
  • Bernalar kritis.
  • Kreatif.

Beriman, Bertakwa, dan Berakhlak Mulia

Pelajar Indonesia diharapkan memiliki akhlak yang baik dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa.

Hal tersebut merupakan pemahaman dan penerapan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari, mencakup akhlak beragama, pribadi, terhadap manusia, alam, dan bernegara.

Berkebinekaan Global

Pelajar Indonesia diharapkan dapat mempertahankan budaya lokal dan identitasnya sambil tetap terbuka terhadap budaya lain.

Hal tersebut diwujudkan dengan pengenalan dan penghargaan terhadap budaya, kemampuan berkomunikasi secara interkultural, serta refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan.

Mandiri

Dimensi ini menekankan pada kemampuan pelajar untuk bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya, dengan kesadaran akan diri sendiri dan situasi yang dihadapi.

Bergotong Royong

Pelajar Indonesia diharapkan mampu bekerja sama secara sukarela untuk kelancaran, kemudahan, dan kelengkapan suatu pekerjaan. Kolaborasi, kepedulian, dan berbagi merupakan elemen kunci dalam dimensi ini.

Bernalar Kritis

Pelajar diharapkan memiliki kemampuan memproses informasi secara kualitatif dan kuantitatif, membangun keterkaitan antar informasi, serta menganalisis, mengevaluasi, dan menyimpulkan informasi.

Elemen kunci melibatkan mendapatkan dan memproses informasi, analisis penalaran, refleksi pemikiran, dan pengambilan keputusan.

Kreatif

Pelajar diharapkan mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak.

Gagasan, karya, dan tindakan orisinal menjadi elemen kunci dalam dimensi ini.

Profil pelajar Pancasila ini memberikan panduan yang kokoh untuk mencetak generasi pelajar yang tidak hanya memiliki kecerdasan akademis, tetapi juga membentuk karakter yang kuat dan berintegritas sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *